<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KEBIJAKAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD\r\nPERGURUAN TINGGI (Studi Evaluatif di Ma’had Ali Bin Abi Thalib Putri\r\nUniversitas Muhammadiyah Yogyakarta)"^^ . "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keinginan masyarakat untuk\r\nmencari alternatif (kebijakan) baru yang dapat meningkatkan atau memperbaiki\r\nkebijakan yang sedang di implementasikan. ma’had ali merupakan salah satu\r\nlembaga dalam program bahasa Arab yang mengadopsi kurikulum dari timur\r\ntengah. Mahasiswa yang belajar disana, mengalami penurunna dari tiap kenaikan\r\nsemesternya. Oleh karena itu, sebuah kebijakan tidak bisa dilepas begitu saja.\r\nKebijakan harus diawasi sehingga dapat dinilai sejauh mana keefektifan kebijakan\r\ntersebut guna dipertanggungjawabkan kepada konstituennya. Sejauh mana tujuan\r\ndicapai. Salah satu mekanisme pengawasan tersebut disebut dengan “evaluasi\r\nkebijakan”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui latar belakang\r\nperumusan kebijakan pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Ali Bin Abi Thalib Putri\r\nUniversitas Muhammadiyah Yogyakarta. 2) Mengetahui kebijakan pembelajaran\r\nbahasa Arab di Ma’had Ali Bin Abi Thalib putri Universitas Muhammadiyah\r\nYogyakarta. 3) Mengetahui hasil kebijakan pembelajaran bahasa Arab di Ma’had\r\nAli Bin Abi Thalib putri Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Membantu\r\nmerekomendasikan yang lebih bermutu, efisien, efektif dan bermakna bagi\r\npeningkatan kualitas hidup masyarakat.\r\npenelitian ini merupakan penelitian campuran (mixed research). Dalam hal\r\nini, Peneliti memilih metode kombinasi model concurrent embedded (Campuran\r\nTidak Berimbang) karena data yang dominan berasal dari data kualitatif sedangkan\r\nuntuk data kuantitatif lebih sedikit, karena hanya sebagai pelengkap keakuratan\r\npenelitian dan mengambil obyek penelitian di Ma’had Ali Bin Abi Thalib\r\nuniversitas Muhammadiyah Yogyakarta. Pengumpulan data dalam penelitian ini\r\nmenggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan: 1) Kebijakan Ma’had Ali Bin Abi Thalib\r\nuniversitas Muhammadiyah Yogyakarta sesuai dengan teori kelembagaan bahwa\r\nformulasi kebijakan secara sederhana bermakna bahwa tugas membuat kebijakan\r\nadalah tugas pemerintah. Dalam hal ini yang menjadi lembaga utamanya ialah\r\nAMCF, dan ma’had tinggal menjalankan kebijakan yang sudah ada. 2) Kebijakan\r\nMa’had Ali Bin Abi Thalib universitas Muhammadiyah Yogyakarta tidak bisa\r\nterlepas dari latar belakang tujuan apa yang diinginkan AMCF dalam kiprahnya di\r\nIndonesia ini untuk mewujudkan tujuannya yakni menghasilkan para akademisi dan\r\npraktisi dakwah yang memiliki kapasitas keilmuan dan keislaman, ahli dalam\r\nmenggali dan mengembangkan nilai-nilai khasanah keislaman, terampil\r\nmenerjemahkan dan berkomunikasi dalam bahasa Arab. 3) Hasil dari evaluasi model\r\nCIPP kebijakan Ma’had Ali Bin Abi Thalib universitas Muhammadiyah Yogyakarta\r\nkebijakan ma’had selama ini dilihat dari segi konteks 78,7 % yang berarti sudah\r\nbaik. kondisi lingkungan sekolah, minat masyarakat terhadap pendidikan, partisipasi\r\nmasyarakat dan orang tua saling mendukung dengan adanya pembelajaran bahasa Arab di ma’had ini. Input 76,5 % menunjukkan bahwa input dalam pembelajaran\r\nbahasa Arab ini sudah baik. Mulai dari visi, misi, tujuan, program ma’had, sumber\r\ndaya sekolah yang ada di ma’had ini mendorong dan sesuai dengan tujuan dalam\r\npembelajaran bahasa Arab, sehingga berdampak positif pula. Proses 77 %\r\nmenunjukkan bahwa proses dalam pembelajaran bahasa Arab ini sudah baik.\r\npengambilan keputusan, proses pengelolaan lembaga, pengelolaan program, proses\r\nbelajar mengajar, monitoring dan evaluasi, pengelolaan keuangan, kerjasama dan\r\npartisipasi, keterbukaan, akuntabilitas,kemandirian dan sustainabilitas semuanya\r\nberjalan dengan baik dan saling mendukung dalam pengelolaan ma’had sesuai\r\ntujuan yang diharapkan bersama. Produk 91, 5 % menunjukkan bahwa produk dalam\r\npembelajaran bahasa Arab ini baik. ada 2 yaitu a. output berupa hasil-hasil bentuk\r\nperolehan peserta didik dalam bentuk prestasi akademik dan prestasi non akademik.\r\nb. outcomes berupa prestasi akademik lulusan dan prestasi non akademik lulusan.\r\nKeyword: kebijakan, pembelajaran bahasa Arab, ma’had perguruan tinggi"^^ . "2016-07-11" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM: 1420411143"^^ . "Nur Rohmah Intansari"^^ . "NIM: 1420411143 Nur Rohmah Intansari"^^ . . . . . . "KEBIJAKAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD\r\nPERGURUAN TINGGI (Studi Evaluatif di Ma’had Ali Bin Abi Thalib Putri\r\nUniversitas Muhammadiyah Yogyakarta) (Text)"^^ . . . . . "1420411143_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KEBIJAKAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD\r\nPERGURUAN TINGGI (Studi Evaluatif di Ma’had Ali Bin Abi Thalib Putri\r\nUniversitas Muhammadiyah Yogyakarta) (Text)"^^ . . . . . "KEBIJAKAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD\r\nPERGURUAN TINGGI (Studi Evaluatif di Ma’had Ali Bin Abi Thalib Putri\r\nUniversitas Muhammadiyah Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "KEBIJAKAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD\r\nPERGURUAN TINGGI (Studi Evaluatif di Ma’had Ali Bin Abi Thalib Putri\r\nUniversitas Muhammadiyah Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "KEBIJAKAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD\r\nPERGURUAN TINGGI (Studi Evaluatif di Ma’had Ali Bin Abi Thalib Putri\r\nUniversitas Muhammadiyah Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "KEBIJAKAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD\r\nPERGURUAN TINGGI (Studi Evaluatif di Ma’had Ali Bin Abi Thalib Putri\r\nUniversitas Muhammadiyah Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "KEBIJAKAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD\r\nPERGURUAN TINGGI (Studi Evaluatif di Ma’had Ali Bin Abi Thalib Putri\r\nUniversitas Muhammadiyah Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KEBIJAKAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD\r\nPERGURUAN TINGGI (Studi Evaluatif di Ma’had Ali Bin Abi Thalib Putri\r\nUniversitas Muhammadiyah Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KEBIJAKAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD\r\nPERGURUAN TINGGI (Studi Evaluatif di Ma’had Ali Bin Abi Thalib Putri\r\nUniversitas Muhammadiyah Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KEBIJAKAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD\r\nPERGURUAN TINGGI (Studi Evaluatif di Ma’had Ali Bin Abi Thalib Putri\r\nUniversitas Muhammadiyah Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #23862 \n\nKEBIJAKAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD \nPERGURUAN TINGGI (Studi Evaluatif di Ma’had Ali Bin Abi Thalib Putri \nUniversitas Muhammadiyah Yogyakarta)\n\n" . "text/html" . . . "Bahasa Arab"@en . .