eprintid: 23866 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/38/66 datestamp: 2017-02-06 01:10:44 lastmod: 2017-02-06 01:10:44 status_changed: 2017-02-06 01:10:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Uswatun Khasanah, NIM: 1420411106 title: GENEALOGI PEMIKIRAN PENDIDIKAN KH HASYIM ASY’ARI ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: Genealogi, Pemikiran Pendidikan Hasyim Asy’ari note: Dr. Mahmud Arif, M.Ag abstract: Penelitian tesis ini di latarbelakangi oleh keingintahuan dalam mencari akar historisitas pendidikan dari ulama tradisionalis Indonesia, KH Hasyim Asy‟ari. Dimana sosok KH Hasyim Asy‟ari adalah seorang yang sangat memperhatikan masalah pendidikan umat. KH. Hasyim, dengan pandangan tradisionalis yang dipertahankannya apakah mampu bertahan dalam lintasan zaman ataukah sebaliknya. Pemikirin pendidikan KH Hasyim Asy‟ari secara terperinci terangkum dalam kitab Adab al-‘Alim wa Muta’allim dengan konsep adab atau etika. Meninjau ulang akar sejarah dan mengkontekstualisasikannya pada pendidikan sekarang adalah menjadi sebuah referensi yang diharapkan dapat menjadi solusi dalam mengentaskan berbagai permasalahan pendidikan sekarang. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini mencakup: Bagaimana Relasi Intelektual Pemikiran Pendidikan KH Hasyim Asy‟ari dengan Pemikiran Pendidikan Tradisionalis? Apa Saja yang Mewarnai Pemikiran Pendidikan KH. Hasyim Asy‟ari? Bagaimana Relevansi dan Refleksi Pemikiran Pendidikan KH. Hasyim Asy‟ari dengan Pendikan Islam kontemporer? Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research). Dengan menggunakan pendekatan historis dapat ditemukan gambaran yang mampu melatar belakangi pemikiran yang dihasilkan seorang tokoh. Oleh karena itu, begitu urgennya memahami latar belakang personal dari seorang tokoh yaitu untuk mengetahui dari mana mereka berasal. Sebab, pada dasarnya setiap figur mempunyai comfor-zone masingmasing yang memiliki perbedaan antara satu dan lainnya. Dan pendekatan genealogis untuk melacak faktor historis, baik pemikiran dan sosial KH Hasyim Asy‟ari sehingga dapat terbentuk pemikiran pendidikannya yang tradisionalis. Telaah terhadap genealogi pemikiran pendidikan KH Hasyim Asy‟ari menghasilkan tiga hal yaitu: pertama, pemikiran pendidikan KH Hasyim Asy‟ari sangat dipengaruhi oleh pemikiran pendidikan Islam ulama klasik abad pertengahan/tradisionalis, yang dalam hal ini dominan terhadap al-Ghazali dan al- Zarnuji. Kedua, hal- hal yang mewarnai pemikiran pendidikannya adalah, latar belakang pendidikan, dalam hal ini guru-guru utama yang berhasil membentuk karakternya, kondisi sosio historis yang juga ikut mewarnai serta paham Ahlu Sunnah Wal Jama’ah, madhzab Syafi‟i dan sufisme. Ketiga, pemikiran pendidikan tradisionalis KH Hasyim Asy‟ari tentang adab dan etika dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya terbukti masih relevan dengan pendidikan Islam sekarang, serta terefleksi dalam pemikiran pendidikan Syed M. Naquib al- Attas dalam konsep ta‟dibnya untuk mengatasi permasalahan pendidikan dan kerancuan ilmu (corruption of knowledge) yang di derita oleh umat Islam Kata kunci: Genealogi, Pemikiran Pendidikan Hasyim Asy’ari date: 2016-08-24 date_type: published pages: 125 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other citation: Uswatun Khasanah, NIM: 1420411106 (2016) GENEALOGI PEMIKIRAN PENDIDIKAN KH HASYIM ASY’ARI. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23866/1/1420411166_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23866/2/1420411166_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf