relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23879/ title: Promosi Jasa Layanan Perpustakaan : Studi Kasus di Perpustakaan Universitas Kristen Petra Surabaya creator: Unang Puspohadi, NIM: 1220010010 subject: Ilmu Perpustakaan dan Informasi description: Perpustakaan merupakan sumber informasi dan pengetahuan. Sumbersumber informasi dan pengetahuan yang ada dikumpulkan, diproses dan disimpan serta disebarkan kepada pengguna perpustakaan. Pengaruh perkembangan TIK memudahkan akses informasi sehingga pemustaka tak harus datang ke perpustakaan. Akibatnya angkah kunjungan ke pepustakaan mengalami penurunan. Perpustakaan/pustakawan dituntut lebih aktif mendistribusikan informasi dan sumber-sumber informasi yang dikuasainya kepada penggunanya. Dan, promosi jasa layanan perpustakaan haruslah dijalankan, agar marketing informasi perpustakaan lebih terkontrol dan terarah nantinya. Promosi perpustakaan dilakukan agar produk & jasa layanan diketahui & memenuhi kebutuhan, keinginan pengguna dan dapat memuaskan pengguna.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Promosi Jasa Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi yang dilakukan di Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan teknikpengumpulan datanya berupa dokumentasi, observasi dan wawancara mendalam. Dalam penelitian ini diambil sepuluh informan untuk diwawancarai. Selama melakukan wanwancara, peneliti menggunakan recorder setiap melakukan wawancara dan peneliti juga mencatat poin –poin yang dianggap penting. Dalam melakukan analisis datanya didasarkan pada empat cara, yakni: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) display data, (4) penarikan kesimpulan dan / atau tahap verifikasi.Hasil penelitian ini menyimpulkan, bahwa Promosi Jasa Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi di UK Petra dilakukan dengan melakukan segmentasi pasar dan survey kebutuhan pemustaka. Setelah dilakukanpromosi yang sifatnya berupa komunikasi dengan pemustaka. Kegiatan promosi yang dilakukan disesuaikan dengan selera pemustaka, yakni melalui pameran, even kegiatan tematik seperti saat Natal dan Valentine. Dengan media yang juga menyesuaikan dengan selera pemustaka, yakni media sosial dan digital, selain media konvensional. Hal ini didasari pertimbangan bahwa pemustaka saat ini merupakan digital native. Kata Kunci: Promosi, Jasa Layanan, Perpustakaan Perguruan Tinggi, Universitas Kristen Petra date: 2016-08-26 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23879/1/1220010010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23879/2/1220010010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Unang Puspohadi, NIM: 1220010010 (2016) Promosi Jasa Layanan Perpustakaan : Studi Kasus di Perpustakaan Universitas Kristen Petra Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.