eprintid: 2391 rev_number: 5 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/23/91 datestamp: 2012-08-01 09:31:19 lastmod: 2012-08-01 09:31:45 status_changed: 2012-05-04 16:42:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ulya Nafi'ati NIM. 03430360, title: PENGGUNAAN BLOK ALJABAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs LENGKONG BATANGAN PATI ispublished: pub full_text_status: restricted keywords: Kooperatif, Minat, Aktifitas, Blok Aljabar, Faktorisasi Suku Aljabar. note: Pembimbing : Sumardiyono, M.Pd Endang Sulistiyowati S.Pd abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Lengkong Batangan Pati pada materi Faktorisasi Suku Aljabar menggunakan metode pembelajaran kooperatif dengan alat peraga blok aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) dengan pendekatan penelitian deskriptif kuantitaif. Pada penelitian tindakan ini diterapkan metode pembelajaran kooperatif menggunakan blok aljabar dengan membentuk kelompok belajar dalam kegiatan belajar mengajar. Jenis penelitian tindakan ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Pengambilan data dilakukan dengan mengadakan angket, observasi, pretes dan postes dengan jumlah subjek penelitian 44 siswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus 1 sampai dengan siklus 3 masing-masing sebesar 53,1%, 67,1%, 72,7%. Peningkatan aktivitas dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 14,0% dan peningkatan dari siklus 1 menuju siklus 3 sebesar 29,6%. Hasil rata-rata pretes-postes pada penguasaan konsep faktorisasi suku aljabar dari siklus 1 yaitu 5,64 dan 6,43 dengan kenikan sebesar 0,79, postes siklus 2 yaitu 7,32 dengan kenaikan sebesar 0,89 dari postes siklus 1, siklus 3 yaitu 7,7 dengan kenaikan sebesar 0,38. Berdasarkan hasil angket siswa setelah dilakukannya penelitian menunjukkan presentase nilai minat siswa dalam pelajaran matematika sebesar 70,2% meningkat 9,8% dari minat siswa sebelum dilaksanakan tindakan penelitian yaitu sebesar 60,4%. Dengan kata lain minat siswa meningkat dari awal yang berada pada kategori sedang menjadi lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penggunaan blok aljabar dengan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas VIII Mts Lengkong Batangan Pati pada pokok bahasan faktorisasi suku aljabar. date: 2009-05-27 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2009-05-27 15:17:12 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--ulyanafiat-2094-1-ulyanaf-1.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/42/digilib-uinsuka--ulyanafiat-2094-1-ulyanaf-1.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2469 ; nama file lama : ULYA NAF ATI 03430360 PENGGUNAAN BLOK ALJABAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA 1.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 3105584 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2009-05-27 15:17:12 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--ulyanafiat-2094-1-ulyanaf-1.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/42/digilib-uinsuka--ulyanafiat-2094-1-ulyanaf-1.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2469 ; nama file lama : ULYA NAF ATI 03430360 PENGGUNAAN BLOK ALJABAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA 1.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 3105584 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: Ulya Nafi'ati NIM. 03430360, (2009) PENGGUNAAN BLOK ALJABAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs LENGKONG BATANGAN PATI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2391/1/BAB%20I%2CV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2391/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2391/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2391/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2391/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2391/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2391/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2391/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2391/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2391/10/small.jpg