TY - THES N1 - Muhammad Izzul Haq, S.Sos M.sc. NIP. 19810823 200901 1 007 ID - digilib24028 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24028/ A1 - ZAININ FIRDHOUSY, NIM. 12250013 Y1 - 2016/11/24/ N2 - Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai Oktober 2016 , dengan tujuan untuk mengetahui implementasi pelayanan prima bagi pasien rawat inap jaminan kesehatan nasional (JKN) penerima bantuan iuran (PBI) di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta. Awal ketertarikan peneliti dilatarbelakangi beberapa temuan terkait keluhan tentang pelayanan kesehatan oleh pasien Penerima Bantuan Iuran di Rumah sakit. Berdasarkan hal ini peneliti ingin mengetahui bagaimana rumah sakit menerapkan pelayanan prima yang merupakan pelayanan terbaik atau pelayanan yang memuaskan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian adalah 4 pasien dan keluarga pasien rawat inap JKN PBI, 1 kepala Instalasi Penjaminan, 1 Staf Bidang Pelayanan Medik dan 1 perawat di IRNA 1. Dalam pengumpulan data digunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan teori George C. Edward III menunjukan 4 faktor yang mempengaruhi implementasi pelayanan prima yaitu Komunikasi, Sumber daya, Disposisi dan struktur birokrasi. Dalam penerapan hal yang nampak ialah faktor Sumber daya. Meliputi sumber daya manusia dapat menangani pasien yang ada di rumah sakit. Sumber daya finansial didapatkan dari pemerintah dan pendapatan dari rumah sakit. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Implementasi KW - Pelayanan Prima KW - Rawat Inap KW - JKN KW - PBI M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI PELAYANAN PRIMA BAGI PASIEN RAWAT INAP JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) PENERIMA BANTUAN IURAN (PBI) DI RSUP DR SARDJITO YOGYAKARTA AV - restricted EP - 117 ER -