%0 Thesis %9 Skripsi %A YANITA KARUNIA, NIM. 12250033 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2016 %F digilib:24032 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pengasuhan Anak, Yayasan Domby Kids Hope Terban Yogyakarta %P 131 %T MODEL PENGASUHAN ANAK DI DOMBY KIDS HOPE TERBAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24032/ %X Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2016 sampai November 2016 dengan tujuan untuk mendeskripsikan model pengasuhan anak yang dilakukan di Domby Kids Hope Terban Yogyakarta. Latar belakang penelitian ini adalah jumlah anak rentan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta tergolong tinggi, terdapat beberapa kelompok ataupun komunitas yang bergerak dalam meningkatkan kesejahteraan anak. Salah satunya Domby Kids Hope memiliki model pengasuhan dan pengembangan bakat untuk setiap anak asuhnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan model analisis deskriptif. Penentuan informan secara purposive sample atau sampel bertujuan, subyek penelitiannya adalah mentor berjumlah 4 orang, orang tua kandung anak asuh berjumlah 3 orang, anak asuh berjumlah 3 orang dan obyek dalam penelitian ini adalah pengasuhan anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumenter. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak asuh Domby Kids Hope Terban Yogyakarta mendapatkan pengasuhan utama yang dilakukan oleh orang tua atau keluarga, anak mendapatkan dukungan lembaga untuk pengasuhan anak yang terdiri dari psikososial, ekonomi dan menciptakan akses untuk orang tua kandung anak asuh. Anak memperoleh pengasuhan dari sponsor yang berasal dari luar negeri dan menjalin komunikasi melalui surat. Beberapa anak asuh dapat bertemu dengan sponsor di Indonesia melalui pendampingan dari Domby Kids Hope. Menurut Undang-Undang Perlindungan Anak secara umum pemenuhan hak anak di Domby Kids Hope telah terpenuhi %Z Abidah Muflihati, M.Si.,