TY - THES N1 - Andayani, S.IP. MSW NIP 19721016 199903 2 008 ID - digilib24037 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24037/ A1 - INDAH KARTIKA CAHYANI, NIM. 12250049 Y1 - 2016/11/11/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap-tahap terapi behaviour yang digunakan untuk menangani anak berkebutuhan khusus di SD Ainul Yakin, Yogyakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya anak-anak retardasi mental yang mengalami hambatan perkembangan mental yang mencakup aspek intelegensi, sosial dan fungsi mental lainnya dan belum mendapatkan penanganan yang baik. Terapi behaviour termasuk salah satu upaya penanganan yang bertujuan untuk merubah perilaku dan mengembangkan kemampuan anak yang terlambat dan mengurangi masalah yang dialami oleh anak retardasi mental. Rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana terapi behaviour yang digunakan untuk anak retardasi mental di SD Ainul Yakin? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Obyek penelitian adalah terapi anak berkebutuhan khusus dan penerapan terhadap interaksi sosial terhadap anak berkebutuhan khusus. Sementara itu, subyek penelitiannya adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas dan Pendiri Sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan pengecekan data dari berbagai sumber data. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi behaviour yang digunakan untuk menangani anak retardasi mental yaitu teknik penguatan positif yang terdiri dari primary reinforcement, secondary reinforcer dan contigency reinforcement, selain teknik penguatan positif teknik yang digunakan adalah penokohan (modelling), kartu berharga (token economy) dan penghapusan PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - anak KW - terapi behaviour KW - reterdasi mental KW - keberfungsian sosial M1 - skripsi TI - TERAPI BEHAVIOUR TERHADAP ANAK RETARDASI MENTAL DI SD AINUL YAKIN YOGYAKARTA PERSPEKTIF KESEJAHTERAAN SOSIAL SKRIPSI AV - restricted EP - 147 ER -