%S Buku %A Imam Machali %T STATISTIK Manajemen Pendidikan Teori dan Praktik Statistik dalam bidang Pendidikan, Penelitian, Ekonomi, Bisnis, dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya %X Setiap mengawali proses pembelajaran mata kuliah Statistik—dipertemuan perdana—pertanyaan yang selalu penulis ajukan adalah bagaimana “bayangan” mahasiswa jika mendengar kata “statistik”?, dan bagaimana pendapat, persepsi, dan pandangannya tentang mata kuliah statistik. Jawaban dari pertanyaan tersebut menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa berpandangan bahwa statistik adalah berhubungan dengan angka-angka matematika yang sangat rumit, rumus-rumus yang sulit difahami, sangat membosankan, membingungkan, menjenuhkan, stres, dan bahkan terdapat pndangan bahwa statistik tidak memiliki banyak arti, menghabiskan waktu, memubadzirkan waktu. Pandangan tersebut memang tidak sepenuhnya salah, sebab tidak banyak dari kita yang memang benar-benar merasakan manfaat mempelajari statistik— kecuali target mendapatkan nilai baik (lulus). Selain itu—sampai saat ini— teknik, metode, dan strategi pembelajaran statistik kurang bervariasi, kurang memberikan motivasi, dan sangat teoritis-manual. Survey dan pengamatan penulis terkait dengan pembelajaran statistik menunjukkan bahwa pertama, sebagian besar pembelajaran statistik dilakukan dengan cara manual dengan berbagai varian rumus-rumus statistik. Kedua, pembelajaran statistik yang dilakukan kurang memanfaatkan alatbantu, fasilitas, aplikasi/software statistik yang memudahkan kita menyelesaikan berbagai pesoalan statistika—yang terus berkembang dan menarik. Ketiga, kekurang tepatan “orientasi” pembelajaran statistik yang dilakukan. %N Cet. 1 %K Statistik, pendidikan %V Vol. 1 %D 2015 %C Yogyakarta %I Kaukaba Dipantara %L digilib24044