%0 Book Section
%A Machali, Imam
%B HIorohohkilr Batas Prasangka Kontribusi Agama untuk Kemanusiaan dan Kebangsaan
%C Yogyakarta
%D 2016
%F digilib:24045
%I Kaukaba Dipantara
%K Pendidikan karakter, islam nusantara
%N Cet. 1
%P 120-140
%S Bunga Rampai
%T PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS ISLAM NUSANTARA: Menggali Kearifan Lokal, Meneguhkan lslam Nusantara
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24045/
%V Vol. 1
%X Dewasa ini persoalan kualitas moral merupakan persoalan yang  sangat serius atau penyakit akut yang senantiasa melekat pada diri  manusia, kapanpun dan dimanapun. Begitupun di kalangan peserta  didik yang mustinya memiliki karakter dan kepribadian yang kuat,  akan tetapi faktanya malah menunjukkan dekadensi moral dalam  sikap dan perilaku yang mereka tampilkan. Mulai dari geng motor,  perkelahian atav tawuran baik laki-laki maupun perempuan,  minuman keras, bahkan sampai dengan seks bebas dan aborsi. Pada  tahun ?O'1.4, BKKBN melansir data bahwa 46 persen remaja berusia  15-19 tahun sudah berhubungan seksual. Data Sensus Nasional yang  dilansir pada 2OL4 juga menunjukkan, 48-51 persen perempuan  hamil adalah remajal-. Hal ini menyadarkan kita semua untuk dapat  secara intensif menyelenggarakan "pendidikan karakter", sebab  pendidikan karakter diarahkan untuk memberikan upaya preventif  dan memberi intervensi pada nilai nilai karakteryengmusti dipahami  dan diaktualisasikan oleh peserta didik-seperti religiusitas, jujur,toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, cinta tanah air,  tanggung jawab dan seterusnya.  Demikian juga mulai nampak adanya kecenderungan untuk  meninggalkan budaya-budaya atau kearifan lokal dan bergeser  menuju budaya barat, hal tersebut nampak pada caraberpenampilan  atau berpakaian (fashion), kegiatan seni dan hiburan, cara  berinteraksi antara anak dan orang tua maupun interaksi murid  dengan guru, budaya hedonis dan seterusnya.