relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24116/ title: KONSEP I’RAB DALAM ILMU NAHWU (Sebuah Kajian Epistemologis) creator: Pransiska, Toni subject: Pendidikan Bahasa Arab description: Ilmu Nahwu sebagaimana yang kita kenal sekarang ini yang sarat dengan berbagai aturan dan teori merupakan hasil dari sebuah proses yang cukup panjang dalam sejarah linguistik Arab. Salah kajian dalam ilmu Nahwu misalnya tentang konsep I’rab. Dalam hal I’rab yang sering dianggap sebagai keistimewaan yang menyulitkan kemudian berusaha untuk dihindari dengan berbagai metode yang dianjurkan dalam Ta’līm al-Lughah al-‘Arabiyah lī Ghair an-Nāthiqīn bihā, maka sebetulnya itu adalah penyelesaian manipulasi. Masalah itu akan selalu muncul selama inti permasalahan belum diselesaikan dengan tuntas. Konsep tentang I’rab harus diluruskan. I’rab selama ini masih didefinisikan sebagai taghyîr (pengubahan) atau taghayyur (perubahan) atau atsar (gejala alamat I’rab). Kata Kunci: Epistemologi, Ilmu Nahwu, Konsep I’rab publisher: Jursan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan date: 2015-12 type: Article type: PeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24116/1/Toni%20Pransiska%20-%20KONSEP%20I%E2%80%99RAB%20DALAM%20ILMU%20NAHWU%20%28Sebuah%20Kajian%20Epistemologis%29.pdf identifier: Pransiska, Toni (2015) KONSEP I’RAB DALAM ILMU NAHWU (Sebuah Kajian Epistemologis). Al Mahara : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Vol.1 (No.1). ISSN 2477-5835