%0 Thesis %9 Skripsi %A Nur Sohirin, NIM. 11240123 %B Fakultas Dakwah dan Komunikasi %D 2016 %F digilib:24123 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Persepsi, Kualitas Pelayanan %P 107 %T PENGARUH PERSEPSI CALON JAMA’AH HAJI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA KBIH BINA UMAT YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24123/ %X Haji merupakan ibadah umat Islam yang wajib untuk dilaksanakan bagi yang mampu, mampu disini dimaksudkan adalah mampu dalam segi jasmani,materi, dan rohani. Dari tahun ke tahun kesadaran umat Islam semakin meningkat tentang beribadah haji, seperti yang nampak di negara Indonesia, yaitu dilihat dari semakin banyaknya prosedur-prosedur baru tentang calon jama’ah haji, dan semakin banyak pula produk-produk tabungan khusus haji, ataupun dana talangan untuk jama’ah haji. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada persepsi calon jamaah haji terhadap kualitas pelayanan KBIH Bina Umat Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu dengan subjek calon jamaah haji KBIH Bina Umat Yogyakarta tahun 2015. Objek penelitian yang mempengaruhi kualitas pelayanan pada KBIH Bina Umat Yogyakarta yaitu persepsi calon jamaah Haji. Teknik keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana, uji korelasi, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian yang diolah dengan program SPSS Versi 21.0 for windows menunjukkan bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0,936 artinya 93,6% Kualitas pelayanan sangat dipengaruhi oleh Persepsi, sedangkan sisanya sebesar 6,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model ini seperti faktor biologis, faktor psikologis, dan faktor sosio kultural. Hasil uji parsial (Uji T) menunjukkan bahwa nilai signifikansi kompensasi (0,000 < 0,05) dan kecerdasan emosional(0,000 < 0,05), artinya persepsi berpengaruh terhadap kualitas pelayanan pada KBIH Bina Umat Yogyakarta. %Z M. Toriq Nurmadiansyah, S.Ag, M.Si.