eprintid: 24201 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/42/01 datestamp: 2017-03-17 02:55:34 lastmod: 2017-03-17 02:55:34 status_changed: 2017-03-17 02:55:34 type: article metadata_visibility: show creators_name: Atika, . creators_name: Machali, Imam title: Segmentasi dan Positioning Jasa Pendidikan di MAN Yogyakarta III ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: jur_mana full_text_status: public keywords: Segmentation, Positioning, Islamic Educational Institutions, Segmentasi, Posisi, Lembaga Pendidikan Islam abstract: This research discusses about the segmentation and the position of education services in order to determine its implementation in Islamic Educational Institutions. This is a qualitative research with the primary respondent for all the school community who are involving in the marketing process. This research used phenomenological approach, while the data was collected using observation method, indepth interviews, documentation and triangulation. The results indicates that: (1) MAN Yogyakarta III defines market segmentation by applying multiple segmentation approach, namely: (a) demographic segmentation, (b) geographic segmentation, (c) psychographic segmentation, (d) psychological segmentation, and (e) benefit segmentation. (2) MAN Yogyakarta III determines the position of educational services in the academic field with the development of the brand “Madrasah of The Champions” that leads to the vision of MAYOGA, namely Ultraprima. Market segmentation is the first thing that must be accomplished by the madrasah to achieve optimum marketing results, followed by positioning. Position or image formed by the institutions has a dominant role in influencing public attitudes toward madrasah. Keywords: Segmentation, Positioning, Islamic Educational Institutions Abstrak Penelitian ini membahas tentang segmentasi dan posisi jasa pendidikan di MAN Yogyakarta III dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan segmentasi dan posisi lembaga pendidikan Islam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan sasaran utama seluruh warga sekolah yang terlibat dalam proses pemasaran. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi dengan pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) MAN Yogyakarta III menetapkan segmentasi pasar dengan menerapkan beberapa pendekatan segmentasi, yaitu: (a) segmentasi demografi; (b) segmentasi geografi; (c) segmentasi psikografi; (d) segmentasi psikologi; dan (e) segmentasi manfaat. (2) MAN Yogyakarta III menentukan positioning jasa pendidikannya dalam bidang akademik dengan pengembangan brand “Madrasah para Juara” yang mengarah pada visi MAYOGA, yaitu Ultraprima. Segmentasi pasar merupakan hal pertama yang harus dilakukan oleh madrasah untuk mencapai hasil pemasaran yang optimal, kemudian dilanjutkan dengan positioning. Posisi atau gambar yang dibentuk oleh madrasah memiliki peran dominan dalam mempengaruhi sikap publik terhadap madrasah. Kata Kunci: Segmentasi, Posisi, Lembaga Pendidikan Islam date: 2016-11-01 date_type: published publication: Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam volume: Vol. 1 number: No. 2 publisher: Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pagerange: 153-168 refereed: TRUE issn: 2503-4383 citation: Atika, . and Machali, Imam (2016) Segmentasi dan Positioning Jasa Pendidikan di MAN Yogyakarta III. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 1 (No. 2). pp. 153-168. ISSN 2503-4383 document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24201/1/Atika%2C%20Imam%20Machali%20-%20Manageria%20-%20Segmentation%20%26%20Posisioning%20MAN%20III.pdf