<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "DIMENSI KECERDASAN MAJEMUK\r\nDALAM KURIKULUM 2013"^^ . "Abstrak: Tulisan ini bertujuan mengungkap relevansi perubahan dan\r\npengembangan kurikulum 2013 dengan teori sembilan kecerdasan (multiple\r\nintelligences) yang dikembangkan oleh Howard Gardner. Hasil kajian menunjukkan\r\nbahwa Kurikulum 2013 mengandung pengembangan dimensi kecerdasan majemuk\r\nyang dapat dilihat dalam tiga hal pertama, pada pengembangan kompetensi yang\r\nterdiri dari empat kompetensi inti (KI) yaitu sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan,\r\ndan keterampilan. Dalam rumpun kecerdasan majemuk masuk pada dimensi\r\nkecerdasan eksistensial, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal,\r\nkecerdasan linguistik, kecerdasan logical-mathematical, kecerdasan musikal,\r\nkecerdasan visual/spatial, bodily-kinesthetic, dan kecerdasan naturalis/Lingkungan.\r\nKedua adalah pada pendekatan yang digunakan berupa pendekatan saintifik, meliputi;\r\nmengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Ketiga yaitu\r\npada sistem penilaian yang dilakukan berupa penilaian autentik.\r\nKata kunci: Kurikulum 2013, Kecerdasan Majemuk, Saintifik, Otentik.\r\nAbstract: This paper aims to reveal the relevance of changing and developing\r\nof 2013 curriculum with nine intelligences theory (multiple intelligences) developed\r\nby Howard Gardner. The results show that 2013 curriculum contains the development\r\ndimension of multiple intelligences that can be seen in three areas, the\r\nfirst is the development of competencies which consists of four competency cores;\r\nthose are spiritual attitude, social attitudes, knowledge and skills. In agrove of\r\nmultiple intelligences, they belong to several kinds of intelligences such as the\r\ndimensions of existential, interpersonal, intrapersonal, linguistic, logical-mathematical,\r\nmusical, visual/spatial, bodily-kinesthetic, and naturalist/environment intelligence.\r\nThe second is in the approach used in the form of a scientific approach, including;\r\nobserving, asking, trying, reasoning, and communicating. The third is the scoring\r\nsystem done by authentic assessment.\r\nKeywords: 2013 Curriculum, Multiple Intelligences, Scientific, Authentic."^^ . "2014-01-01" . . "19" . "1" . . "Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto"^^ . . . "Insania : Jurnal Kependidikan"^^ . . . "14100053" . . . . . . . "Imam"^^ . "Machali"^^ . "Imam Machali"^^ . . . . . . "DIMENSI KECERDASAN MAJEMUK\r\nDALAM KURIKULUM 2013 (Text)"^^ . . . . . "Imam Machali - Dimensi Kecerdasan Majemuk dalam K 13 Insania 19 no 1 - 2014.pdf"^^ . . . "DIMENSI KECERDASAN MAJEMUK\r\nDALAM KURIKULUM 2013 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "DIMENSI KECERDASAN MAJEMUK\r\nDALAM KURIKULUM 2013 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "DIMENSI KECERDASAN MAJEMUK\r\nDALAM KURIKULUM 2013 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "DIMENSI KECERDASAN MAJEMUK\r\nDALAM KURIKULUM 2013 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #24202 \n\nDIMENSI KECERDASAN MAJEMUK \nDALAM KURIKULUM 2013\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan"@id . .