eprintid: 24202 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/42/02 datestamp: 2017-03-17 02:55:44 lastmod: 2017-03-17 02:55:44 status_changed: 2017-03-17 02:55:44 type: article metadata_visibility: show creators_name: Machali, Imam title: DIMENSI KECERDASAN MAJEMUK DALAM KURIKULUM 2013 ispublished: pub subjects: pdk divisions: artkl full_text_status: public keywords: Kata kunci: Kurikulum 2013, Kecerdasan Majemuk, Saintifik, Otentik. abstract: Abstrak: Tulisan ini bertujuan mengungkap relevansi perubahan dan pengembangan kurikulum 2013 dengan teori sembilan kecerdasan (multiple intelligences) yang dikembangkan oleh Howard Gardner. Hasil kajian menunjukkan bahwa Kurikulum 2013 mengandung pengembangan dimensi kecerdasan majemuk yang dapat dilihat dalam tiga hal pertama, pada pengembangan kompetensi yang terdiri dari empat kompetensi inti (KI) yaitu sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Dalam rumpun kecerdasan majemuk masuk pada dimensi kecerdasan eksistensial, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan linguistik, kecerdasan logical-mathematical, kecerdasan musikal, kecerdasan visual/spatial, bodily-kinesthetic, dan kecerdasan naturalis/Lingkungan. Kedua adalah pada pendekatan yang digunakan berupa pendekatan saintifik, meliputi; mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Ketiga yaitu pada sistem penilaian yang dilakukan berupa penilaian autentik. Kata kunci: Kurikulum 2013, Kecerdasan Majemuk, Saintifik, Otentik. Abstract: This paper aims to reveal the relevance of changing and developing of 2013 curriculum with nine intelligences theory (multiple intelligences) developed by Howard Gardner. The results show that 2013 curriculum contains the development dimension of multiple intelligences that can be seen in three areas, the first is the development of competencies which consists of four competency cores; those are spiritual attitude, social attitudes, knowledge and skills. In agrove of multiple intelligences, they belong to several kinds of intelligences such as the dimensions of existential, interpersonal, intrapersonal, linguistic, logical-mathematical, musical, visual/spatial, bodily-kinesthetic, and naturalist/environment intelligence. The second is in the approach used in the form of a scientific approach, including; observing, asking, trying, reasoning, and communicating. The third is the scoring system done by authentic assessment. Keywords: 2013 Curriculum, Multiple Intelligences, Scientific, Authentic. date: 2014-01-01 date_type: published publication: Insania : Jurnal Kependidikan volume: 19 number: 1 publisher: Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto pagerange: 21-45 id_number: 19 refereed: TRUE issn: 1410-0053 citation: Machali, Imam (2014) DIMENSI KECERDASAN MAJEMUK DALAM KURIKULUM 2013. Insania : Jurnal Kependidikan, 19 (1). pp. 21-45. ISSN 1410-0053 document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24202/1/Imam%20Machali%20-%20Dimensi%20Kecerdasan%20Majemuk%20dalam%20K%2013%20Insania%2019%20no%201%20-%202014.pdf