%0 Thesis %9 Skripsi %A NITA DEWI LASMAYA, NIM. 12680002 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2016 %F digilib:24224 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K hasil belajar, metode pembelajaran, motivasi belajar, majalah %P 262 %T PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA MELALUI PENERAPAN METODE COURSE REVIEW HORAY DISERTAI MAJALAH BIORE (BIOLOGI REPRODUKSI) DI MA IBNUL QOYYIM PUTRI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24224/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA melalui penerapan metode Course Review Horay disertai majalah BIORE (Biologi Reproduksi) di MA Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah 21 siswa kelasXI IPA di MA Ibnul Qoyyim Putri. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan dengan alokasi waktu 2x45 menit. Siklus I menerapkan metode ceramah berbantu media, kemudian pada siklus II dengan metode Course Review Horay dan siklus III dengan metode Course Review Horay disertai majalah BIORE (Biologi Reproduksi). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan effect size dan analisis deskriptif. Hasil analisis angket motivasi belajar biologi siswa, diperoleh skor rata-rata masing-masing indikator motivasi belajar siswa yang meliputi hasrat, dorongan, harapan, penghargaan, kegiatan dan lingkungan belajar pada setiap siklus mengalami peningkatan. Adapun pada siklus III skor rata-rata keenam indikator motivasi belajar siswa masuk dalam kategori sangat baik. Sementara untuk hasil belajar kognitif siswa selalu terdapat peningkatan nilai pos-test siswa pada masing-masing siklus. Adapun effect size antara siklus I dan siklus II sebesar 0,64 sehingga masuk dalam kategori efek sedang, sementara effect size untuk siklus II dan III yakni sebesar 1,8 sehingga masuk dalam kategori besar. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa metode Course Review Horay disertai majalah BIORE (Biologi Reproduksi) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa. %Z Sulistiyawati, S.Pd.I., M.Si