%0 Thesis %9 Skripsi %A SUHARTINA, NIM.12680017 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2016 %F digilib:24226 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Motivasi Belajar dan Teknik Tari Bambu %P 180 %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TARI BAMBU (BAMBOO DANCING) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MA IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24226/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Model pembelajaran Kooperatif Teknik Tari Bambu (Bamboo Dancing) terhadap motivasi belajar siswa pada materi pokok animalia submateri pokok vertebrata, 2) Model pembelajaran Kooperatif Teknik Tari Bambu (Bamboo Dancing) terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi pokok animalia submateri pokok vertebrata. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Eksperimental dengan Nonequivalent Control Group Desain. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X yang terdiri dari 4 kelas. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas yang diambil dengan teknik sampling purposive. Diambil kelas X B sebagai kelas eksperimen, dan kelas X D sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan data pretest, posttest dan angket motivasi. Analisis data menggunakan uji Independent sampel T-test untuk hasil belajar, dan uji Mann Whitney U test untuk motivasi belajar. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Model pembelajaran Kooperatif teknik Tari Bambu (Bamboo Dancing) tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, dengan hasil pengujian Mann Whitney U test memperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,672 ( 0,05). 2) Model pembelajaran Kooperatif teknik Tari Bambu (Bamboo Dancing) tidak berpengaruh terhadap hasil belajar Biologi siswa, dengan hasil uji beda nilai pretest dan posttest memperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,065 ( 0,05). %Z Eka Sulistyowati, M.A., M.IWM