eprintid: 24226 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/42/26 datestamp: 2017-02-27 02:20:34 lastmod: 2017-02-27 02:20:34 status_changed: 2017-02-27 02:20:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SUHARTINA, NIM.12680017 title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TARI BAMBU (BAMBOO DANCING) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MA IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_bio full_text_status: restricted keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Motivasi Belajar dan Teknik Tari Bambu note: Eka Sulistyowati, M.A., M.IWM abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Model pembelajaran Kooperatif Teknik Tari Bambu (Bamboo Dancing) terhadap motivasi belajar siswa pada materi pokok animalia submateri pokok vertebrata, 2) Model pembelajaran Kooperatif Teknik Tari Bambu (Bamboo Dancing) terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi pokok animalia submateri pokok vertebrata. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Eksperimental dengan Nonequivalent Control Group Desain. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X yang terdiri dari 4 kelas. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas yang diambil dengan teknik sampling purposive. Diambil kelas X B sebagai kelas eksperimen, dan kelas X D sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan data pretest, posttest dan angket motivasi. Analisis data menggunakan uji Independent sampel T-test untuk hasil belajar, dan uji Mann Whitney U test untuk motivasi belajar. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Model pembelajaran Kooperatif teknik Tari Bambu (Bamboo Dancing) tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, dengan hasil pengujian Mann Whitney U test memperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,672 ( 0,05). 2) Model pembelajaran Kooperatif teknik Tari Bambu (Bamboo Dancing) tidak berpengaruh terhadap hasil belajar Biologi siswa, dengan hasil uji beda nilai pretest dan posttest memperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,065 ( 0,05). date: 2016-11-17 date_type: published pages: 180 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SUHARTINA, NIM.12680017 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TARI BAMBU (BAMBOO DANCING) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MA IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24226/1/12680017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24226/2/12680017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf