TY - THES N1 - Ika Kartika, M.Pd.Si. ID - digilib24298 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24298/ A1 - Arista Budiarti, NIM. 12690025 Y1 - 2016/11/30/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X pada materi listrik dinamis, (2) Peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa yang mengikuti strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE), (3) pengaruh strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap hasil belajar psikomotorik siswa kelas X pada materi listrik dinamis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan pretest-posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) serta variabel terikat hasil belajar fisika berupa hasil belajar ranah kognitif dan ranah psikomotorik. Populasi dalam dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 2 Banguntapan tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak kelas, sehingga ditetapkan kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan X4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan nontes. Bentuk instrumennya menggunakan soal pretestposttest dan lembar observasi psikomotorik. Teknik analisa data yang digunakan adalah statistik parametrik yaitu uji t dan Normalized Gain (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi pembelajaran Predict- Observe-Explain (POE) berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X pada materi listrik dinamis (taraf signifikansi (sig. 2-tailed) = 0,000 < ? = 0,05; maka Ha diterima dan H0 ditolak), (2) Strategi pembelajaran Predict-Observe- Explain (POE) mampu meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa pada materi Listrik Dinamis (N-Gain kelas eksperimen = 0,36 (sedang) > N-Gain kelas kontrol = 0,08 (rendah)), (3) Strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) berpengaruh terhadap hasil belajar psikomotorik siswa kelas X pada materi listrik dinamis (taraf signifikansi (sig. 2-tailed) = 0,023 < ? = 0,05; maka Ha diterima dan H0 ditolak). PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) KW - Hasil Belajar KW - Listrik Dinamis M1 - skripsi TI - PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVEEXPLAIN (POE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA N 2 BANGUNTAPAN KELAS X PADA MATERI LISTRIK DINAMIS AV - restricted EP - 306 ER -