eprintid: 24298 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/42/98 datestamp: 2017-02-28 08:59:10 lastmod: 2017-02-28 08:59:10 status_changed: 2017-02-28 08:59:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Arista Budiarti, NIM. 12690025 title: PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVEEXPLAIN (POE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA N 2 BANGUNTAPAN KELAS X PADA MATERI LISTRIK DINAMIS ispublished: pub subjects: Pen_fis divisions: jur_pefis full_text_status: restricted keywords: Strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE), Hasil Belajar, Listrik Dinamis note: Ika Kartika, M.Pd.Si. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X pada materi listrik dinamis, (2) Peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa yang mengikuti strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE), (3) pengaruh strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap hasil belajar psikomotorik siswa kelas X pada materi listrik dinamis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan pretest-posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) serta variabel terikat hasil belajar fisika berupa hasil belajar ranah kognitif dan ranah psikomotorik. Populasi dalam dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 2 Banguntapan tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak kelas, sehingga ditetapkan kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan X4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan nontes. Bentuk instrumennya menggunakan soal pretestposttest dan lembar observasi psikomotorik. Teknik analisa data yang digunakan adalah statistik parametrik yaitu uji t dan Normalized Gain (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi pembelajaran Predict- Observe-Explain (POE) berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X pada materi listrik dinamis (taraf signifikansi (sig. 2-tailed) = 0,000 < α = 0,05; maka Ha diterima dan H0 ditolak), (2) Strategi pembelajaran Predict-Observe- Explain (POE) mampu meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa pada materi Listrik Dinamis (N-Gain kelas eksperimen = 0,36 (sedang) > N-Gain kelas kontrol = 0,08 (rendah)), (3) Strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) berpengaruh terhadap hasil belajar psikomotorik siswa kelas X pada materi listrik dinamis (taraf signifikansi (sig. 2-tailed) = 0,023 < α = 0,05; maka Ha diterima dan H0 ditolak). date: 2016-11-30 date_type: published pages: 306 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Arista Budiarti, NIM. 12690025 (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVEEXPLAIN (POE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA N 2 BANGUNTAPAN KELAS X PADA MATERI LISTRIK DINAMIS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24298/1/12690025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24298/2/12690025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf