eprintid: 24299 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/42/99 datestamp: 2017-03-02 02:19:09 lastmod: 2017-03-02 02:19:09 status_changed: 2017-03-02 02:19:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NUR INDAH RAHARJO, NIM. 12690026 title: PERBEDAAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAP RASA INGIN TAHU DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS X MAN WONOKROMO POKOK BAHASAN FLUIDA STATIS ispublished: pub subjects: F divisions: jur_pefis full_text_status: restricted keywords: Strategi Pembelajaran Kontekstual (SPK), Strategi Pembelarajan Ekspositori (SPE), rasa ingin tahu, kemampuan kognitif note: Winarti, M.Pd.Si selaku abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan strategi pembelajaran kontekstual dan strategi pembelajaran ekspositori terhadap rasa ingin tahu siswa pada pokok bahasan fluida statis. (2) Perbedaan strategi pembelajaran kontekstual dan strategi pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan fluida statis. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan nonequivalent control group design. Variabel penelitian meliputi variabel bebas berupa strategi pembelajaran kontekstual dan strategi pembelajaran ekspositori serta veriabel terikat berupa rasa ingin tahu dan kemampuan kognitif. Seluruh kelas X MIA MAN Wonokromo Bantul tahun ajaran 2015/2016 digunakan sebagai populasi. Teknik sampling yang digunakan non-probability sampling berupa sampel jenuh. Kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dengan strategi pembelajaran kontekstual dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol dengan strategi pembelajaran ekspositori. Pengumpulan data rasa ingin tahu dengan nontes berupa angket. Pengumpulan data kemampuan kognitif dengan tes berupa soal pretsest dan soal posttest. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif berupa ukuran tendensi sentral, ukuran dispersi, ukuran letak serta Normalized Gain (NGain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan antara strategi pembelajaran kontekstual dan strategi pembelajaran ekspositori terhadap rasa ingin tahu siswa pada pokok bahasan fluida statis. Rata-rata skor angket kelas SPKSPE (56.3854,66), standar deviasi skor angket kelas SPKSPE (4,134,28), siswa yang mendapat skor 57,00 ke atas pada kelas SPKSPE (40%20%) (2) Terdapat perbedaan antara strategi pembelajaran kontekstual dan strategi pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan fluida statis. Rata-rata skor posttest kelas SPKSPE (23,5521,49), standar deviasi skor posttest kelas SPKSPE (5,154,45), siswa yang mendapat skor 27,00 ke atas pada kelas SPKSPE (40%20%), dan N-Gain kelas SPKSPE (0,550,47). date: 2016-11-30 date_type: published pages: 270 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NUR INDAH RAHARJO, NIM. 12690026 (2016) PERBEDAAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAP RASA INGIN TAHU DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS X MAN WONOKROMO POKOK BAHASAN FLUIDA STATIS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24299/1/12690026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24299/2/12690026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf