relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2430/ title: METODE PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTsN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA creator: MUSYRIFAH NIM. 04410825, subject: Pendidikan Agama Islam description: ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang MTsN Wonokromo Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan metode wawancara, observasi atau pengamatan, dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data yaitu membandingkan data hasil pengamatan langsung (observasi) dengan data hasil wawancara dan hasil yang berkaitan. Penerapan metode pembelajaran Aqidah Akhlak bertujuan agar anak mampu mengubah sikap dan prilaku menjadi lebih baik sesuai dengan aturan Islam serta dapat menerapkannya di kelas adalah metode keteladanan, metode teguran atau hukuman, metode kebiasaan dan metode yang sesuai. Hasil analisis menunjukan bahwa: 1) Kondisi siswa MTsN Wonokromo kurang konsentrasi karena adanya dua faktor yaitu intern dan ekstern . 2) Metode pembelajaran Aqidah Akhlak dalam penerapannya banyak pembelajaran yang sudah tercapai, karena menggunakan berbagai metode yaitu ceramah, tanya jawab, diskusi, keteladanan, pembiasaan, pemberian tugas, sosio drama, teguran dan hukuman, yang mampu menciptakan proses belajar mengajar lebih partisipasif dengan peserta didik aktif dan bersikap baik. 3) Usaha guru dalam pembelajaran Aqidah Akhlak dilakukan dengan memberikan hafalan dan penciptakan persaingan dalam belajar agar mempunyai nilai yang bagus. 4) Hasil yang dicapai dalam metode pembelajaran Aqidah Akhlak MTsN Wonokromo Bantul Yogyakarta diklasifikasikan menjadi dua ranah yaitu kognitif (pengetahuan) dan afektif (sikap). Hasil kognitif dan dari hasil metode pembelajaran Aqidah Akhlak di MTsN Wonokromo Bantul Yogyakarta baik, hasil afektif, siswa melakukan kebiasaan seperti salat 5 waktu dan berjamaah tanpa adanya perintah dari orang tua. Dari hasil analisis di atas, bahwa pelaksanan metode pembelajaran Aqidah Akhlak di MTsN Wonokromo Bantul Yogyakarta, terlihat selalu berusaha menerapkan dalam kehidupan sehari-hari melalui metode yang telah disebutkan di atas. date: 2009-06-03 type: Thesis type: PeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2430/1/BAB%20I%2C%20IV.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2430/2/BAB%20II%2C%20III.pdf format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2430/3/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2430/4/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2430/5/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2430/6/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2430/7/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2430/8/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2430/9/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2430/10/small.jpg identifier: MUSYRIFAH NIM. 04410825, (2009) METODE PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTsN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.