TY - THES N1 - Joko Purwanto, M.Sc. ID - digilib24305 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24305/ A1 - SHOFYQA ARRIZALAH, NIM. 12690027 Y1 - 2016/10/21/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan paradigma integrasi-interkoneksi untuk meningkatkan hasil belajar pada materi fluida statis. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan nonequivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan paradigma integrasi-interkoneksi dan variabel terikat berupa hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA N 1 Bukateja tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling, sehingga terpilih kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan tes. Instrument pengambilan data berupa lembar soal pretest-posttest. Teknik analisis data soal pretest-posttest menggunakan statistik deskriptif dan formula N-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan paradigma integrasi-interkoneksi efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis. Berdasarkan nilai posttest, 97% peserta didik pada kelas eksperimen memperoleh nilai lebih besar sama dengan 75 dan rata-rata N-Gain sebesar 0,95 berada dalam kategori tinggi. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Efektivitas KW - Metode PBL KW - Paradigma Integrasi-Interkoneksi KW - Fluida Statis. M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMA N 1 BUKATEJA AV - restricted EP - 246 ER -