eprintid: 24305 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/43/05 datestamp: 2017-03-02 03:47:35 lastmod: 2017-03-02 03:47:35 status_changed: 2017-03-02 03:47:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SHOFYQA ARRIZALAH, NIM. 12690027 title: EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMA N 1 BUKATEJA ispublished: pub subjects: F divisions: jur_pefis full_text_status: restricted keywords: Efektivitas, Metode PBL, Paradigma Integrasi-Interkoneksi, Fluida Statis. note: Joko Purwanto, M.Sc. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan paradigma integrasi-interkoneksi untuk meningkatkan hasil belajar pada materi fluida statis. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan nonequivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan paradigma integrasi-interkoneksi dan variabel terikat berupa hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA N 1 Bukateja tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling, sehingga terpilih kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan tes. Instrument pengambilan data berupa lembar soal pretest-posttest. Teknik analisis data soal pretest-posttest menggunakan statistik deskriptif dan formula N-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan paradigma integrasi-interkoneksi efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis. Berdasarkan nilai posttest, 97% peserta didik pada kelas eksperimen memperoleh nilai lebih besar sama dengan 75 dan rata-rata N-Gain sebesar 0,95 berada dalam kategori tinggi. date: 2016-10-21 date_type: published pages: 246 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SHOFYQA ARRIZALAH, NIM. 12690027 (2016) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMA N 1 BUKATEJA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24305/1/12690027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24305/2/12690027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf