TY - THES N1 - Widayanti, M.Si ID - digilib24308 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24308/ A1 - EVA NURHIDAYATI, NIM. 12690042 Y1 - 2016/09/13/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran fisika menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan prestasi belajar fisika siswa pada materi listrik dinamis. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan Nonequivalent Control Group Design. Variabel penelitian meliputi variabel bebas berupa pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) serta variabel terikat berupa prestasi belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X-C dan X-D MA Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dengan instrumen pengumpulan data berupa soal pretest dan soal posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan Normalized Gain (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran fisika menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi listrik dinamis. Kelas eksperimen lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar dengan N-Gain 0,50 (sedang) sementara kelas kontrol dengan N-Gain 0,29 (rendah). PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) KW - prestasi belajar siswa KW - listrik dinamis M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA KELAS X MA IBNUL QOYYIM PUTRI PADA MATERI LISTRIK DINAMIS AV - restricted EP - 238 ER -