eprintid: 2431 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/24/31 datestamp: 2012-08-03 11:59:04 lastmod: 2012-08-03 12:00:57 status_changed: 2012-08-03 12:00:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Naelul Izza Hidayanti NIM. 0341 0004, pth title: PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) NGUDI ILMU BAROKAH AMPELGADING, PEMALANG ispublished: pub subjects: PB divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pelaksanaan, Pendidikan Agama Islam, Program Pendidikan Kesetaraan, Paket C, Kegiatan Belajar Mengajar, Ngudi Ilmu Barokah note: Pembimbing : Drs. Radino abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Program Pendidikan Kesetaraan Paket C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Ngudi Ilmu Barokah, Ampelgading. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan proses kegiatan belajar mengajar dalam kegiatan tutorial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belajar Program Pendidikan Kesetaraan Paket C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Ngudi Ilmu Barokah, Ampelgading, Pemalang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data dan referensi yang cukup. Hasil penelitian menunjukan: (1) Komponen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Program Pendidikan Kesetaraan Paket C PKBM Ngudi Ilmu Barokah Ampelgading, Pemalang, meliputi dasar pelaksanaan Pendidikan Agama Islam, tujuan Pendidikan Agama Islam, Tutor Pendidikan Agama Islam dan Warga Belajar Program Pendidikan Kesetaraan Paket C, Perencanaan Proses Pembelajaran, materi Pendidikan Agama Islam, Pendekatan dengan sistem pendekatan Induktif dan pendekatan tematik, dan metode pembelajaran yaitu dengan menggunakan metode tutorial, metode diskusi, praktek, belajar mandiri, penugasan dan simulasi. (2) Adapun bentuk pelaksanaan proses pembelajaran pendidikan agama Islam yaitu menggunakan bentuk kegiatan tutorial dan kegiatan belajar mandiri. (3) Evaluasi pembelajaran yang diterapkan dalam Program Pendidikan Kesetaraan Paket C sama dengan di sekolah-sekolah umum yaitu evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. (4) Pengawasan proses pembelajaran dalam Pendidikan Agama Islam Program Pendidikan Kesetaraan Paket C PKBM Ngudi Ilmu Barokah antara lain yaitu monitoring, pembinaan, pelaporan dan tindak lanjut (5) Faktor pendukung keberhasilan pengajaran pendidikan agama Islam berasal dari pengelola PKBM, Tutor dan Warga Belajar, sedangkan faktor penghambat berasal dari warga belajar dan swadana masyarakat. date: 2009-06-03 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-06-03 12:06:23 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--naelulizza-2133-1-naeluli-c.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/43/digilib-uinsuka--naelulizza-2133-1-naeluli-c.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2506 ; nama file lama : NAELUL IZZA HIDAYATI 03410004 PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1530662 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: Naelul Izza Hidayanti NIM. 0341 0004, pth (2009) PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) NGUDI ILMU BAROKAH AMPELGADING, PEMALANG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2431/1/BAB%20I%2C%20IV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2431/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2431/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2431/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2431/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2431/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2431/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2431/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2431/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2431/10/small.jpg