TY - THES N1 - Taufiq Aji, M.T. ID - digilib24317 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24317/ A1 - MUHAMMAD IQBAL MASARDHI, NIM. 11660028 Y1 - 2016/12/07/ N2 - Jamu merupakan obat tradisional Indonesia yang sudah turun-temurun dibuat berdasarkan pengalaman dan berasal dari bahan alami. Kemajuan teknologi juga memudahkan pengolahan bahan baku alam menjadi jamu. Tantangan yang ada yaitu mengubah image jamu yang berkesan kuno melalui strategi pengemasannya, karena kemasan bagian dalam strategi pemasaran suatu produk. Kemasan produk terutama labeling, berkaitan dengan desain yang untuk dapat mempengaruhi pola pikir manusia melalui kontak visual sehingga dapat mempengaruhi perilaku impulsive buying pada konsumen. Kansei Engineering didefinisikan sebagai teknologi penerjemahan perasaan konsumen tentang poduk yang akan datang atau baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perasaan konsumen dan atribut yang berhubungan dengan label kemasan, kemudian didapat desain label kemasan minuman jamu Bregas ready to drink sesuai keinginan konsumen. Kemudian analisa dari kuesioner Semantic Differential I didapat enam pasang kata kansei yang mewakili gambaran yang tepat terhadap label produk. Hasil dari kuesioner tersebut kemudian dijadikan patokan untuk membuat 14 desain yang berikutnya diambil peringkat sesuai kesukaan konsumen untuk digunakan untuk pengolahan Distribusi Mean pada setiap desain yang selanjutnya dilakukan pengujian MANOVA dalam menunjang hasil distribusi mean dan mendapatkan hasil desain label kemasan minuman jamu Bregas ready to drink yang menjadi pilihan konsumen dan didapatlah dua desain pilihan konsumen. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kansei KW - Kansei Engineering KW - desain KW - label KW - kemasan KW - jamu KW - beverage KW - Semantic Differential M1 - skripsi TI - PERANCANGAN LABEL KEMASAN MINUMAN JAMU READY TO DRINK DENGAN MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING (STUDI KASUS UKM BREGAS) AV - restricted EP - 131 ER -