TY - THES N1 - Dwi Agustina Kurniawati, M.Eng ID - digilib24331 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24331/ A1 - DWIPO RIMO ANDARU, NIM. 12660011 Y1 - 2016/11/28/ N2 - Transportasi merupakan suatu proses pemindahan barang dan manusia dari tempat asal ke tempat tujuan (Nasution, 1996). Manajemen transportasi yang baik tentu saja dapat diterapkan pada transportasi publik. Transportasi publik memiliki permasalahan yang cukup rumit yaitu kemacetan, dimana permasalahan ini merupakan suatu permasalahan yang tentu saja dapat diprediksi kapan terjadinya dengan menganalisis terkait data ? data lama waktu tempuh kendaraan pada waktu waktu tertentu. Dengan adanya kemacetan maka hal ini dapat mempengaruhi tingkat kualitas pelayanan transportasi publik terkait ketepatan waktu untuk sampai ditempat tujuan. Pada penelitian ini, penulis akan mengembangkan suatu model matematis untuk meminimasi penalty cost akibat adanya earliness dan tardiness headway pada bus Trans Jogja. Earliness headway dan tardiness headway dapat terjadi akibat adanya kemacetan jalan. Model yang dikembangkan oleh penulis berupa Linear Programming. Berdasarkan hasil pengolahan model matematis yang dikembangkan, model mampu meminimasikan pelanggaran sebanyak 1663 menit dengan penalty cost sebesar 831.500.000, dengan earliness yang diminimasikan sebanyak 112 menit, dan tardiness yang diminimasikan sebanyak 1551 menit. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - model matematis KW - transportasi KW - penalty cost KW - earliness headway KW - Tardiness headway KW - Kemacetan KW - bus Trans Jogja KW - Headway KW - Linear Programming M1 - skripsi TI - PEMODELAN MATEMATIS UNTUK MEMINIMASI EARLINESS DAN TARDINESS HEADWAY PENALTY COST PADA TRANSPORTASI PUBLIK (STUDI KASUS DI BUS TRANS JOGJA) AV - restricted EP - 139 ER -