<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "METODE GRAMATIKA-TERJEMAH\r\nDALAM PRAKTIK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nDI STIKES MADANI YOGYAKARTA\r\nDENGAN PENDEKATAN KOGNITIVISME"^^ . "Latar belakang penelitian ini adalah melihat pendekatan kognitivisme yang\r\nlebih mementingkan proses belajar daripada hasil belajar. Seperti halnya yang\r\ntelah dijumpai di lapangan, bahwa tidak semua pembelajaran bahasa Arab di\r\nlingkup perguruan tinggi untuk tujuan supaya mahasiswa mampu berbicara bahasa\r\nArab dengan baik dan benar. Akan tetapi, masih ada perguruan tinggi seperti\r\nhalnya di STIKes Madani Yogyakarta yang memandang bahwa pembelajaran\r\nbahasa Arab penting dilakukan supaya para mahasiswa mampu memahami dan\r\nmembaca kitab suci al-Qur`an dan as-Sunnah ataupun literatur berbahasa Arab\r\nyang lainnya dengan kaidah bahasa Arab yang baik dan benar.\r\nPenelitian ini berlatar di STIKes Madani Yogyakarta yang berdiri pada\r\ntahun 2009 dengan SK MENDIKNAS RI: 148/D/O/2009, SK PPNI:\r\n068/PP.PPNI/S/II/ 2009, dan SK PPSDM: HK.03.05/I/II/4/3309/200. STIKes\r\nMadani Yogyakarta dengan status terdaftar dengan no anggota 213/AIPNI/2012\r\nberalamat di Jl. Wonosari Km. 10, Karanggayam, Sitimulyo, Piyungan, Bantul,\r\nYogyakarta. STIKes Madani Yogyakarta merupakan pendidikan Sekolah Tinggi\r\nberbasis Pesantren Salaf dengan program studi yang ditawarkan S-I Ilmu\r\nKeperawatan, D-3 Kebidanan, dan D-3 Farmasi. Penelitian ini bertujuan untuk\r\nmengetahui sejauh mana metode gramatika-terjemah dalam praktik pembelajaran\r\nbahasa Arab di STIKes Madani Yogyakarta relevan dengan pendekatan\r\nkognitivisme. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif field research,\r\nteknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan\r\ndokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan konsep Miles dan\r\nHuberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau\r\nverifikasi.\r\nHasil dari penelitian ini berkesimpulan: pertama, metode gramatikaterjemah\r\ndalam praktik pembelajaran bahasa Arab di STIKes Madani Yogyakarta\r\nsudah relevan dengan pendekatan kognitivisme. Kedua, metode gramatikaterjemah\r\ndalam praktik pembelajaran bahasa Arab di STIKes Madani Yogyakarta\r\ntersebut menunjukkan adanya nilai-nilai dalam pendekatan kognitivisme yang\r\nantara lain: (1) Meningkatkan dan membangun kemampuan mahasiswa dalam\r\nmemperoleh, menganalisis, dan mengolah informasi secara cermat serta\r\nmenumbuhkan kemampuan mahasiswa dalam pemecahan masalah, (2)\r\nMahasiswa belajar hal yang kompleks untuk dipecahkan dan menghasilkan\r\nketerampilan yang dibutuhkan, (3) Dosen menciptakan lingkungan sosial dalam\r\nbelajar, sehingga mahasiswa akan lebih mudah menemukan secara komprehensif\r\nkonsep-konsep yang sulit jika mereka mendiskusikannya dengan mahasiswa lain\r\ntentang problem yang dihadapi, dan (4) Proses belajar disesuaikan dengan tahap\r\nperkembangan kognitif yang dilalui mahasiswa. Ketiga, model pembelajaran yang\r\nditerapkan dalam praktik pembelajaran bahasa Arab di STIKes Madani\r\nYogyakarta dengan pendekatan kognitivisme adalah discovery learning “belajar\r\npenemuan,” reception learning “belajar menerima,” dan assisted learning “belajar\r\nberintraksi."^^ . "2016-10-20" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA; PENDIDIKAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1220410118"^^ . "IBNU MAJAH"^^ . "NIM. 1220410118 IBNU MAJAH"^^ . . . . . . "METODE GRAMATIKA-TERJEMAH\r\nDALAM PRAKTIK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nDI STIKES MADANI YOGYAKARTA\r\nDENGAN PENDEKATAN KOGNITIVISME (Text)"^^ . . . . . "1220410118_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "METODE GRAMATIKA-TERJEMAH\r\nDALAM PRAKTIK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nDI STIKES MADANI YOGYAKARTA\r\nDENGAN PENDEKATAN KOGNITIVISME (Text)"^^ . . . . . "METODE GRAMATIKA-TERJEMAH\r\nDALAM PRAKTIK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nDI STIKES MADANI YOGYAKARTA\r\nDENGAN PENDEKATAN KOGNITIVISME (Other)"^^ . . . . . . "METODE GRAMATIKA-TERJEMAH\r\nDALAM PRAKTIK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nDI STIKES MADANI YOGYAKARTA\r\nDENGAN PENDEKATAN KOGNITIVISME (Other)"^^ . . . . . . "METODE GRAMATIKA-TERJEMAH\r\nDALAM PRAKTIK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nDI STIKES MADANI YOGYAKARTA\r\nDENGAN PENDEKATAN KOGNITIVISME (Other)"^^ . . . . . . "METODE GRAMATIKA-TERJEMAH\r\nDALAM PRAKTIK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nDI STIKES MADANI YOGYAKARTA\r\nDENGAN PENDEKATAN KOGNITIVISME (Other)"^^ . . . . . . "METODE GRAMATIKA-TERJEMAH\r\nDALAM PRAKTIK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nDI STIKES MADANI YOGYAKARTA\r\nDENGAN PENDEKATAN KOGNITIVISME (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "METODE GRAMATIKA-TERJEMAH\r\nDALAM PRAKTIK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nDI STIKES MADANI YOGYAKARTA\r\nDENGAN PENDEKATAN KOGNITIVISME (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "METODE GRAMATIKA-TERJEMAH\r\nDALAM PRAKTIK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nDI STIKES MADANI YOGYAKARTA\r\nDENGAN PENDEKATAN KOGNITIVISME (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "METODE GRAMATIKA-TERJEMAH\r\nDALAM PRAKTIK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nDI STIKES MADANI YOGYAKARTA\r\nDENGAN PENDEKATAN KOGNITIVISME (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #24335 \n\nMETODE GRAMATIKA-TERJEMAH \nDALAM PRAKTIK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB \nDI STIKES MADANI YOGYAKARTA \nDENGAN PENDEKATAN KOGNITIVISME\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .