@phdthesis{digilib2434, month = {August}, title = {PROBLEMATIKA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DAN EVALUASI AL-QUR'AN BAGI SISWA KELAS VIIA DI SMP MUHAMMADIYAH 9 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2007/2008}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { Nehvi Heriyani NIM. 03470607}, year = {2012}, note = {Pembimbing : Dra. Nurrohmah}, keywords = {Problematika, Guru, Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran, Evaluasi, Al-Qur'an}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2434/}, abstract = { ABSTRAK Sebagai awal untuk mencetak generasi Islam yang berwawasan Al-Qur'an adalah menanamkan kecintaan terhadap Al-Qur'an. Salah satunya adalah perintah membaca Al-Qur'an yang merupakan langkah awal bagi upaya pemahaman dan pengamalan isi kandungan Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari. Kebanyakan siswa membaca Al-Qur'an cenderung hanya sekedar membaca, menghafal, tidak memahami masing-masing huruf. Menyadari hal ini, banyak para pendidik Islam terutama guru Al-Qur'an mencoba mencari cara baru dalam mengerjakan Al- Qur'an dengan tartil dan teliti, tepat dan benar sesuai dengan kaidah tajwid. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan promblematika Guru Pendidikan Agama Islam dalam melaksanakan evaluasi Al-Qur'an bagi siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta tahun pelajaran 2007/2008 serta upaya-upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta tahun pelajaran 2007/2008 yang berjumlah 120 orang siswa dan terbagi menjadi tiga kelas. kelas VII A berjumlah 39 orang siswa, kelas VII B berjumlah 40 orang siswa, dan kelas VIIC berjumlah 41 orang siswa, karena besarnya jumlah populasi sehingga untuk menghemat waktu, tenaga dan biaya maka penulis mengambil satu kelas yaitu kelas VIIA 39 orang siswa untuk dijadikan sampel. Tehnik pengambilan sampel berdasarkan sampel strata. Pengumpulan data dilakukan dengan metode interview, observasi, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tujuan pembelajaran Al-Qur'an di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta siswa dapat membaca dengan lancar, fasih, tartil, tajwid, mempersiapkan bekal agama, mengetahui kandungan Al-Qur'an dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, (2) Silabus pelajaran Al-Qur'an, memahami ajaran Al-Qur'an Surat Al-Baqarah: 43, Surat Al-'Aadiyaat:1-2, Al- Israa': 23-24, Al-Baqarah:177 dan memahami hadits tentang berbakti kepada orang tua dan berbuat baik kepada tetangga, (3) Strategi/metode yang digunakan dalam pembelajaran Al-Qur'an, ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, diskusi, pembiasaan dan keteladanaan, (4) Model/cara evaluasi Al-Qur'an meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik, (5) Problem yang dihadapi dalam melaksanakan evaluasi PAI (Al-Qur'an) kurangnya kemampuan siswa menterjemahkan, masih banyaknya siswa yang berperilaku tidak sesuai dengan tuntutan Al-Qur'an, siswa banyak yang tidak mengerti mufrodat. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh guru Al-Qur'an untuk mengatasi problem yaitu memberi tugas, memberi contoh kepada siswa. Namun sejauh ini problematika masih dapat diatasi. } }