TY - THES N1 - Pembimbing : Nurhadi M.Ag ID - digilib2435 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2435/ A1 - NELY SOFA NIM: 04420911, Y1 - 2009/06/03/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media ICT dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP Muhammadiyah I Yogyakarta, untuk mengetahui latar belakang SMP Muhammadiyah menggunakan media ICT dalam pembelajaran, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan media ICT. Dengan penelit ian ini diharapkan dapat memberi masukan baru kepada semua pihak, dan khususnya SMP Muhammadiyah sendiri sebagai tempat dilakukannya penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dimana peneliti mendeskripsikan hasil penelitian tentang penggunaan media ICT (Information Communication Technology) dalam pembelajaran bahasa Arab. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik, yaitu: observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dilaksanakan dengan reduksi data, dan trianggulasi. Data yang terkumpul dikelompokkan dengan cara memilah dan memilih data yang akan digunakan, kemudian data yang ada diperiksa kembali dengan cara membandingkan data hasil observasi, wawancara, dan data hasil dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis deskriptif disimpulkan bahwa proses pembelajaran bahasa Arab yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah I Yogyakarta dengan menggunakan media ICT sudah terlaksana dengan baik. Dalam menyampaikan materi guru menggunakan media internet, komputer dan LCD untuk membantu menyampaikan materi. Salah satu contoh penggunaan media internet dalam pembelajaran bahasa Arab adalah pemanfaatan internet untuk melihat qamus secara on-line dengan cara mendownload materi bahasa Arab melalui internet. Hal ini sangat membantu para siswa SMP Muhammadiyah karena tampilan materi menjadi menarik dan lebih jelas. Adapun yang melatarbelakangi penggunaan media ICT di SMP Muhammadiyah I Yogyakarta adalah perkembangan zaman yang sangat cepat dan modern sehingga para siswa perlu dibekali dengan pengetahuan teknologi. Adapun faktor pendukung keberhasilan penggunaan media ICT adalah tersedianya ruangan khusus kelas ICT, kepemilikan laptop pribadi bagi siswa, sedangkan faktor penghambatnya adalah terbatasnya kemampuan guru dalam bidang ICT, dan terbatasnya kemampuan siswa dalam mengetik bahasa Arab dengan menggunakan laptop. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Penggunaan KW - Media KW - ICT KW - Information Communication Technology KW - Pembelajaran KW - Bahasa Arab M1 - skripsi TI - PENGGUNAAN MEDIA ICT (INFORMATION COMMUNICATION TECHNOLOGY) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah I Yogyakarta) AV - restricted ER -