eprintid: 2437 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/24/37 datestamp: 2012-08-06 09:13:24 lastmod: 2017-03-16 01:52:22 status_changed: 2012-05-04 16:42:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nurul Fithriyah Awaliatul Laili NIM. 04420893, title: EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MUFRADAT DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRI PONDOK PESANTREN PUTRI IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Efektifitas, Pembelajaran, Mufradat, Kemahiran, Berbicara, Bahasa Arab, Santri, Pondok Pesantren Putri, Ibnul Qoyyim note: Pembimbing : Drs. H. Nazri Syakur, M. A abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran mufradat dan sejauh mana efektifitas pembelajaran mufradat dalam meningkatkan kemahiran berbicara bahasa Arab santri kelompok sighor Pondok Pesantren Putri Ibnul Qoyyim Yogyakarta. Penelitian yang digunakan oleh penulis dalam menyusun skripsi ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan analisa data kualitatif dan kuantitatif. Adapun metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah Observasi; teknik observasi yang digunakan adalah observasi langsung dimana penelitian mengadakan pengamatan secara langsung terhadap segala subjek yang diteliti, dokumentasi, tes tulis dan tes lisan, dan interview (wawancara) yaitu peneliti menggunakan interview bebas terpimpin. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan bahwa proses belajar mengajar mufradat di kelompok sighor Pondok Pesantren Putri Ibnul Qoyyim Yogyakarta menggunakan beberapa metode, diantaranya metode langsung, Mim-mem dan pendekatan Aural-oral. Sedangkan teknik yang digunakan adalah mendengarkan kata, mengucapkan kata, mendapatkan makna kata, membaca kata, menulis kata dan membuat kalimat. Adapun model latihan bicara yang diterapkan di kelompok sighor Pondok Pesantren Putri Ibnul Qoyyim adalah; latihan pola kalimat (Pattern Practice), latihan percakapan, drama dan pidato. Untuk menunjang kemahiran berbicara bahasa Arab, Pesantren Putri Ibnul Qoyyim menerapkan beberapa cara, yaitu; mengadakan watching movie, pemutaran kaset dan disiplin berbahasa. Pembelajaran mufradat dalam meningkatkan kemahiran berbicara bahasa Arab dapat dikatakan sangat efektif dapat dilihat dari 100% santri kelompok sighor yang dinyatakan berhasil dalam mencapai tujuan pembelajaran mufradat. Selain itu tingkat efektifitas juga dapat ditunjukkan dengan adanya korelasi yang signifikan antara hasil tes penguasaan mufradat dengan tes kemahiran berbicara bahasa Arab santri. date: 2009-06-03 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: 1 update terakhir : 2009-06-03 13:00:35 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--nurulfithr-2139-1-nurulfi-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/43/digilib-uinsuka--nurulfithr-2139-1-nurulfi-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2512 ; nama file lama : NURUL FITHRIYAH AWALIATUL LAILI 04420893 EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MUFRADAT DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 905414 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: Nurul Fithriyah Awaliatul Laili NIM. 04420893, (2009) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MUFRADAT DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SANTRI PONDOK PESANTREN PUTRI IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2437/1/BAB%20I%2C%20IV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2437/2/BAB%20II%2C%20III.pdf