TY - CHAP CY - Jakarta ID - digilib24386 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24386/ A1 - Amin, Muhammad N2 - Sudah cukup banyak pernyataan dari pemerhati dan praktisi pengajaran bahasa Arab bahwa pengajaran bahasa Arab di banyak sekolah dan perguruan tinggi Islam di Indonesia dewasa ini belum menunjukkan tanda-tanda keberhasilan. Hal ini bisa dilihat, antara lain, dari kenyataan bahwa betapa banyak orang Indonesia yang sudah belajar bahasa Arab bertahun-tahun sejak tingkatan madrasah ibtidaiyah, tsanawiyah, dan Aliyah, namun mereka masih merasa kesulitan dalam memahami teks-teks yang tertulis dalam bahasa Arab dan belum bisa bercakap-cakap dengan penutur asli bahasa Arab. Bahkan tidak sedikit jumlah mahasiswa yang belajar bahasa Arab beberapa semester atau sekian sks di perguruan tinggi, tapi belum merasakan manfaat atau perkembangan yang berarti dalam pembelajaran bahasa Arab mereka.1 Di sejumlah perguruan tinggi agama Islam tidak jarang bahasa Arab menjadi momok atau mata pelajaran yang menakutkan bagi sejumlah mahasiswa M1 - Vol. 1 TI - PENGALAMAN UIN SUNAN KALIJAGA DALAM PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB AV - public EP - 16 Y1 - 2009/12/21/ PB - PPBB Kemenag RI KW - UIN Sunan Kalijaga KW - pengelaman KW - bahasa Arab KW - pembelajaran T3 - Prosiding SP - 1 T2 - WORKSHOP "STANDARDISASI KEMAMPUAN BAHASA ARAB LULUSAN PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM DI INDONESIA'' ER -