@phdthesis{digilib24396, month = {March}, title = {METODE BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA PELAJARAN LINTAS MINAT SISWA KELAS X MAN YOGYAKARTA I}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM 13220101 MAULIDIA NURUL IZATI}, year = {2017}, note = {Dr. Irsyadunnas, M.Ag}, keywords = {Bimbingan belajar, kesulitan belajar pelajaran lintas minat}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24396/}, abstract = {MAULIDIA NURUL IZATI, 13220101. Skripsi: Metode Bimbingan Belajar Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Pelajaran Lintas Minat Siswa Kelas X MAN Yogyakarta I, Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Merespon kemajuan zaman serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia globalisasi maka dalam dunia pendidikan perlu adanya peningkatan kualitas untuk mencapai sebuah tujuan pendidikan yang merupakan cita-cita bangsa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode bimbingan belajar yang diberikan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar pada pelajaran lintas minat bagi siswa kelas X MAN Yogykarta I. Penulis memilih MAN Yogyakarta I sebagai tempat penelitian karena penulis melihat bahwa sekolah ini memiliki kualitas untuk melaksanakan bimbingan belajar pada pelajaran lintas minat (peminatan) yang termasuk dalam kurikulum 2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field Research), dengan metode pendekatan deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 1 (satu) guru BK dan 7 (tujuh) siswa kelas X (sepuluh). Sedangkan objek penelitiannya adalah metode bimbingan belajar dalam mengatasi kesulitan belajar pada pelajaran lintas minat (peminatan) siswa kelas X di MAN Yogyakarta I. Kemudian metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan metode bimbingan belajar pada pelajaran lintas minat (peminatan) melalui beberapa metode yaitu metode ceramah, pemasangan media, metode diskusi dan karya wisata. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan meneliti lebih lanjut mengenai metode bimbingan belajar khususnya pada pelajaran lintas minat (peminatan) secara keseluruhan yang diberikan kepada siswa dan dapat bermanfaat bagi pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah.} }