eprintid: 24432 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/02/44/32 datestamp: 2017-03-10 03:12:43 lastmod: 2017-03-10 03:12:43 status_changed: 2017-03-10 03:12:43 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RYKA KUSUMAWATI, NIM. 13220053 title: LAYANAN INFORMASI UNTUK MENGATASI KENAKALAN SISWA SMP NEGERI 3 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: BA divisions: jur_bpi full_text_status: restricted keywords: Layanan Informasi, Kenakalan Siswa note: Slamet S.Ag.,M.Si abstract: RYKA KUSUMAWATI, Layanan Informasi Untuk Mengatasi Kenakalan Siswa SMP Negeri 3 Kalasan Sleman Yogyakarta, Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya layanan informasi yang diberikan oleh guru BK kepada siswa di sekolah terkait berbagai macam kenakalan siswa. Layanan informasi merupakan salah satu layanan yang wajib diberikan kepada siswa, agar siswa mengetahui manfaat dan akibat yang diperoleh dari perilaku siswa yang dilakukan. Oleh karena itu guru BK mempunyai tanggung jawab untuk memberikan bimbingan yang baik dan terarah melalui informasi yang baik, tepat dan benar sehingga dapat mencegah perbuatan negatif. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu proses penelitian yang menghasilkan data dalam bentuk deskripsi yang apa adanya. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Kalasan Sleman Yogyakarta. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru BK dan 5 siswa kelas IX yang pernah melakukan kenakalan dan pernah mengikuti layanan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kenakalan siswa dan metode-metode layanan informasi untuk mengatasi kenakalan siswa SMP Negeri 3 Kalasan Sleman Yogyakarta. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kenakalan siswa yang ada di SMP Negeri 3 Kalasan Sleman Yogyakarta ada 8 yaitu, bullying, tidak masuk sekolah tanpa keterangan (alpha), terlambat masuk sekolah, berpacaran di lingkungan sekolah, berada di luar kelas saat jam pelajaran berlangsung, menyontek, membolos dan merokok. Sedangkan metode-metode yang digunakan oleh guru BK untuk mengatasi kenakalan siswa SMP Negeri 3 Kalasan Sleman Yogyakarta ada 4 yaitu, metode ceramah, metode diskusi, metode audio visual dan pemasangan media visual, dan metode buku panduan. date: 2017-01-31 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: RYKA KUSUMAWATI, NIM. 13220053 (2017) LAYANAN INFORMASI UNTUK MENGATASI KENAKALAN SISWA SMP NEGERI 3 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24432/2/13220053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24432/1/13220053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf