eprintid: 24433 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/02/44/33 datestamp: 2017-03-10 03:14:24 lastmod: 2017-03-10 03:14:24 status_changed: 2017-03-10 03:14:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NUR AENI SANJAYA, NIM. 13220059 title: HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN PRIBADI DENGAN ASERTIVITAS SISWA KELAS VIII MTS N YOGYAKARTA 1 ispublished: pub subjects: BA divisions: jur_bpi full_text_status: restricted keywords: Bimbingan Pribadi, Asertivitas note: Nailul Falah, S. Ag., M. Si. abstract: NUR AENI SANJAYA, Hubungan Antara Bimbingan Pribadi dengan Asertivitas Siswa Kelas VIII MTs N Yogyakarta 1, Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara bimbingan pribadi dengan asertivitas siswa kelas VIII MTs N Yogyakarta 1 dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini ada satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah bimbingan pribadi (X), sedangkan variabel terikatnya adalah asertivitas (Y). Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah populasi sebanyak 58 siswa. Teknik pengumpulan data utama berupa skala, sedangkan wawancara dan dokumentasi sebagai data pelengkap. Analisis data menggunakan studi korelasi Product Moment dari Pearson untuk memperoleh hasil uji hipotesis, dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan sangat signifikan antara bimbingan pribadi dengan asertivitas siswa kelas VIII MTs N Yogyakarta 1 yang memiliki koefisien korelasi sebesar 0,618 dengan sig. (2.tailed)=0,000 dengan N=58 pada taraf signifikansi 1%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan, maka hipotesis diterima dan terbukti kebenarannya. Artinya, semakin tinggi bimbingan pribadi maka akan semakin tinggi pula asertivitas siswa, sebaliknya jika semakin rendah bimbingan pribadi maka akan semakin rendah pula asertivitas siswa. Nilai hubungan antara bimbingan pribadi dengan asertivitas adalah 61,8%, Sedangkan 38,2% dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti jenis kelamin, tingkat pendidikan, pola asuh orang tua, dan kebudayaan di lingkungan. date: 2017-01-31 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NUR AENI SANJAYA, NIM. 13220059 (2017) HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN PRIBADI DENGAN ASERTIVITAS SISWA KELAS VIII MTS N YOGYAKARTA 1. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24433/2/13220059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24433/1/13220059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf