%0 Thesis %9 Skripsi %A SITI MUSYAROFAH, NIM. 13220066 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2017 %F digilib:24438 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kedisiplinan Siswa, Prokrastinasi Akademik. %T HUBUNGAN KEDISIPLINAN SISWA DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS XI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24438/ %X SITI MUSYAROFAH (13220066). Hubungan Kedisiplinan Siswa dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI SMK PIRI 1 Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kedisiplinan siswa dengan prokrastinasi akademik. Hipotesis awal dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang negatif signifikan antara kedisiplinan siswa dengan prokrastinasi akademik. Semakin tinggi kedisiplinan siswa maka prokrastinasi akademik semakin rendah, dan sebaliknya semakin tinggi prokrastinasi akademik maka kedisiplinan siswa semakin rendah. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK PIRI 1 Yogyakarta yang berjumlah 165 siswa. Penentuan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak berkelompok. Didapatkan kelas XI TKR 1 dan XI TSM dengan jumlah 53 siswa sebagai sampel penelitian dan kelas XI TITL 1 dan XI TP dengan jumlah 38 siswa sebagai uji coba. Alat pengumpulan data menggunakan Skala Likert Kedisiplinan Siswa dan Skala Likert Prokrastinasi Akademik dengan alternatif empat jawaban yaitu: sangat setuju, setuju, tidak setuju, dan sangat tidak setuju. Metode analisis data dengan pengujian prasyarat analisis (uji normalitas dan uji linieritas), uji hipotesis menggunakan Pearson’s Product Moment Correlation dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang negatif dan sangat signifikan antara kedisiplinan siswa dengan prokrastinasi akademik dengan perolehan koefisien korelasi (rxy) = -0,733 sedangkan sig. (2.tailed) sebesar 0,000 dengan N=45 pada taraf signifikansi 1%. %Z Slamet, S. Ag., M. Si