TY - THES N1 - Drs. H. Muhammad Hafiun, M.Pd NIP : 19620520 198903 1 002 ID - digilib24449 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24449/ A1 - RINIWATI, NIM. 12220050 Y1 - 2017/03/03/ N2 - Latarbelakang penelitian ini adalah berkembangnya pendapat bahwa kualitas inteligensi dipandang sebagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan seseorang dalam belajar atau meraih kesuksesan dalam hidupnya. Namun pada perkembangan selanjutnya, pandangan lain mengatakan bahwa faktor dominan yang mempengaruhi kesuksesesan hidup seseorang bukan semata-mata oleh tingginya IQ tetapi oleh faktor kemantapan emosional (EQ). Berbagai jenis layanan bimbingan dan konseling di MAN Yogyakarta 1 yang mempunyai peran untuk mengembangkan kemampuan, bakat dan potensi siswa secara optimal. Oleh karenanya berbagai layanan tersebut apakah bisa meningkatkan Emotional Qoutient (EQ) siswa terutama di kelas XI MAN Yogyakarta 1, karena pada masa itu terjadinya pergolakan dan pencarian identity siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling serta hasil-hasil yang telah dicapai selama mengikuti bimbingan dan konseling dalam meningkatkan Emotional Qoutient (EQ) siswa kelas XI MAN Yogyakarta 1. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bimbingan konseling dan siswa kelas XI. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah jenis layanan dan hasil bimbingan dan konseling dalam meningkatkan Emotional Qoutient (EQ) di MAN Yogyakarta 1. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang telah dikumpulkan disusun dan diklasifikasikan sehingga menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis layanan yang berikan oleh guru bimbingan konseling yaitu layanan orientasi, layanan informasi, penempatan dan penyaluran, pembelajaran, konseling individu, bimbingan kelompok, layanan konsultasi dan konseling sebaya (peer counseling). Adapun hasil dari bimbingan dan konseling tersebut yaitu menghasilkan emosi positif, berpikir positif (Positif thinking), termotivasi, menjadi lebih terarah, manajemen waktu dan bisa membina hubungan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Bimbingan dan Konseling KW - Emotional Qoutient (EQ) M1 - skripsi TI - BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN EMOTIONAL QOUTIENT (EQ) SISWA KELAS XI MAN YOGYAKARTA 1 AV - restricted EP - 131 ER -