%A SITI ROHMAH NIM. 05410030 %O Pembimbing : Muqowim, M.Ag %T TEORI KECERDASAN MAJEMUK HOWARD GARDNER DAN PENGEMBANGANNYA PADA METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DASAR %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis konsep kecerdasan majemuk menurut Howard Gardner untuk mencari cara pengembangan kecerdasan majemuk tersebut pada metode pembelajaran PAI untuk anak usia sekolah dasar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya khazah keilmuan dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi upaya pengembangan kecerdasan majemuk anak usia sekolah dasar, khususnya melalui metode pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar pemikiran Howard Gardner tentang kecerdasan majemuk. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologi, khususnya psikologi perkembangan dan teori belajar humanistik. Analisis data dilakukan dengan mencari dan memberi makna terhadap data-data yang berhasil dikumpulkan, dari makna tersebut kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) setiap individu pada dasarnya memiliki banyak kecerdasan yang harus dikembangkan sejak usia dini minimal sejak usia sekolah dasar). Minimal ada sembilan kecerdasan yang dimiliki manusia, yaitu kecerdasan linguistik, matematis-logis, ruang-spasial, kinestetikbadani, musikal, interpersonal, intrapersonal, naturalis, dan eksistensial. (2) Pengembangan kecerdasan majemuk pada metode pembelajaran PAI untuk anak usia sekolah dasar membutuhkan kreatifitas seorang guru, baik dalam mengatur, merencanakan, maupun menerapkan metode-metode tersebut. Ada dua hal penting yang harus diperhatikan dalam perencanaan dan penerapan metode tersebut, yaitu karakteristik pelajaran PAI dan karakteristik perkembangan anak usia sekolah dasar. Ditinjau dari karakteristik rumpun pelajaran PAI, maka secara keseluruhan metode-metode yang ditawarkan untuk membantu pengembangan kecerdasan majemuk anak bisa digunakan pada semua rumpun pelajaran PAI, baik Aqidah-Akhlak, al-Qur’an-Hadits, Fiqih, maupun Sejarah Kebudayaan Islam, dengan penekanan utama pada kecerdasan tertentu sesuai dengan karakteristik setiap rumpun pelajaran PAI tersebut. Sedangkan ditinjau dari segi karakteristik perkembangan anak, maka penerapan dan pengembangan metode kelas awal dengan kelas tinggi akan berbeda. Pada tahap perencanaan metode untuk mengembangkan kecerdasan majemuk anak usia sekolah dasar, yang harus dipersiapkan oleh guru PAI yaitu pemahaman konsep kecerdasan majemuk, ketersediaan dan ketepatan waktu, ketersediaan dan kemampuan memanfaatkan sumber belajar, serta kemampuan menerapkan metode yang dipilih. Sedangkan pada tahap pelaksanaannya, cara menerapkan metode akan berbeda karena harus disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan perkembangan anak. Sehingga, pada tahap ini guru harus mampu menguasai dan menerapkan teknik pembelajaran yang telah ditetapkan. %K Teori kecerdasan, Majemuk, Howard Gardner, Metode Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Anak, Sekolah Dasar %D 2009 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib2445