%0 Thesis %9 Skripsi %A ROHMAH FITRIYANI, NIM. 12220081 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2017 %F digilib:24450 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Bimbingan Karir Islami, Inferiority Feeling. %P 162 %T RINIWATI, NIM. 12220050 (2017) BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN EMOTIONAL QOUTIENT (EQ) SISWA KELAS XI MAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24450/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah bimbingan karir Islami berpengaruh dalam mengatasi dan meminimalisir perasaan inferiority feeling. Jenis penelitian ini adalah eksperimen ulang dengan pretest-posttest nonequivalent control group design. Variabel bebas adalah bimbingan karir Islami, sedangkan variabel terikat adalah inferiority feeling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTsN Lab UIN Yogyakarta dengan sampel 28 siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data hasil penelitian berupa pretest dan posttest gambaran umum inferiority feeling siswa yang diolah melalui SPSS for Windows versi 23 dengan perhitungan statistik parametrik. Hasil penelitian tentang pengaruh bimbingan karir Islami terhadap inferiority feeling menunjukkan bahwa: (1) Pemberian layanan bimbingan karir Islami berbantuan media berpengaruh positif dan signifikan dalam mengatasi dan meminimalisir inferiority feeling dengan uji paired sample t test menyatakan Ha diterima. Hal ini diperoleh dari nilai thitung>ttabel (2,772>1,703) dan P value (0,01<0,05), serta nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi setelah diberikan layanan. Artinya semakin intens diberikan layanan bimbingan karir Islami, maka semakin rendah perasaan inferiority feeling siswa. (2) Kemudian melalui uji independent t test terbukti tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol, ini dilihat dari hasil t yang didapat yaitu thitung0,05). Artinya pemberian layanan bimbingan karir Islami terhadap inferiority feeling dengan berbantuan media maupun tanpa berbantuan media memberikan pengaruh yang sama. (3) Siswa memberikan tanggapan positif terhadap layanan. %Z Nailul Falah, S.Ag., M.Si. NIP. 19721001 199803 1 003