TY - THES N1 - Nailul Falah, S.Ag., M.Si. NIP: 19721001 199803 1 003 ID - digilib24451 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24451/ A1 - ANNAS, NIM. 12220083 Y1 - 2017/01/10/ N2 - Siswa MTs berada pada tahap perkembangan remaja. Pada masa ini siswa mengalami penyesuaian diri yang sulit untuk dinilai baik dan buruknya. Oleh sebab itu siswa dalam penyesuaian diri dengan lingkungan dimana siswa berada akan mengalami hambatan dan kesulitan. Apabila anak tidak mampu menyesuaikan diri maka pada perkembangan selanjutnya akan terganggu. Dalam hal inilah, layanan orientasi bimbingan dan konseling merupakan salah satu pilihan layanan dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dalam membantu penyesuaian diri siswa. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif kualitatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Kegiatan Layanan Orientasi Bimbingan dan Konseling dalam membantu Penyesuaian Diri Siswa MTs N Sleman Kota? Tujuannya yaitu : untuk Mengetahui Kegiatan Layanan Orientasi Bimbingan dan Konseling dalam membantu penyesuaian diri siswa MTs N Sleman Kota. Subyek dalam penelitian ini adalah Guru Bimbingan dan Konseling sebagai pelaksana layanan orientasi Bimbingan dan Konseling, sampel subyek 6 siswa dari dua kelas yaitu kelas VII B dan VII F sejumlah 67 siswa dan kepala sekolah sebagai informan pendukung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwasanya kegiatan layanan orientasi bimbingan dan konseling dalam membantu penyesuaian diri siswa MTs N Sleman Kota adalah pertemuan dengan orang tua/wali murid, pertemuan antara Staf konselor/guru bimbingan dan konseling dan guru, kunjungan kelas, dan memanfaatkan siswa senior (OSIS). PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Layanan orientasi dan Penyesuaian Diri M1 - skripsi TI - LAYANAN ORIENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBANTU PENYESUAIAN DIRI SISWA MTS N SLEMAN KOTA AV - restricted EP - 107 ER -