TY - THES N1 - Muhsin Kalida, S.Ag., M.A. NIP 197004032003121001 ID - digilib24459 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24459/ A1 - YUDHA FITRIANI, NIM. 13220008 Y1 - 2017/01/27/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah siswa yang mengalami kesulitan belajar. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bentuk dan jenis kolaborasi yang dilakukan guru BK dengan wali kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subyek penelitian adalah guru BK, wali kelas dan siswa. Sedangkan yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah bentuk dan jenis kolaborasi guru BK dengan wali kelas. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu data yang telah terkumpul disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kolaborasi guru BK dengan wali kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII D yaitu bentuk informal. Sedangkan jenisnya adalah kolaborasi sekunder. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kolaborasi KW - Guru BK KW - Wali Kelas KW - Kesulitan Belajar Siswa M1 - skripsi TI - KOLABORASI GURU BK DENGAN WALI KELAS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTSN BABADAN BARU NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA AV - restricted EP - 126 ER -