eprintid: 2447 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/24/47 datestamp: 2012-08-03 11:53:45 lastmod: 2012-08-03 11:56:04 status_changed: 2012-08-03 11:56:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sri Utami Hadiningsih NIM. 04471206, pth title: PENGELOLAAN KELAS YANG EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN QUR'AN DAN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) PRAMBANAN SLEMAN (STUDI KASUS KELAS VIII SEMESTER GENAP 2007/ 2008) ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pengelolaan, Kelas, Efektif, Pembelajaran, Qur'an, Hadits note: Pembimbing : Dra. Nurrohmah abstract: ABSTRAK Pengelolaan kelas merupakan masalah tingkah laku yang kompleks, dan guru menggunakannya untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi kelas sedemikian rupa sehingga anak didik dapat mencapai tujuan pengajaran secara efisien dan memungkinkan mereka dapat belajar. Dengan demikian pengelolaan kelas yang efektif adalah syarat bagi pengajaran yang efektif. Tugas utama dan paling sulit bagi guru adalah pengelolaan kelas. Kesulitan dan motivasi untuk belajar yang rendah yang dialami oleh siswa MTsN Prambanan Sleman dalam pembelajaran Qur’an dan Hadits yaitu: membaca, menerjemahkan dan mengamalkan ajaran Qur’an dan Hadits. Sedangkan kesulitan belajar merupakan hambatan yang dialami siswa dalam proses belajar karena faktor keluarga dan siswa itu sendiri. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan (field research) dengan populasi 168 siswa dari kelas delapan tahun pelajaran 2007/ 2008 tetapi penulis mengampil sample acak atau random dikarenakan untuk menghemat waktu, tenaga, biaya dan ingin mengetahui pendapat siswa. Penulis mengambil sample 25 orang siswa dari masingmasing kelas terdiri dari lima orang dari kelas delapan yang berjumlah lima kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan metode interview, angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan:(1)Tujuan dari pembelajaran Qur’an dan Hadits, yaitu agar peserta didik bergairah untuk mempelajari al Qur’an dan Hadits dengan baik dan benar.(2) Persiapan pembelajaran Qur’an dan Hadits, yaitu buku I, buku II, buku III.(3)Metode yang digunakan dalam pembelajaran Qur’an dan Hadits cukup bervariasi yaitu ceramah, tanya jawab, drill, tugas kelompok dan inquiry.(4)Kondisi fisik dalam kelas sudah memadai dengan baik untuk pembelajaran Qur’an dan Hadits ditinaju dari ruang pembelajaran, pengaturan tempat duduk, dan pengaturan cahaya.(5)Dalam pengaturan siswa dikelas ditinjau dari ketanggapan, perhatian, penguatan, penghentian, disiplin diri dan keantusiasan guru dalam mengajar sudah cukup baik dan efektif dalam pembelajaran Qur’an dan Hadits.(6)Dalam mengelola interaksi perilaku di dalam kelas cukup baik.(7) Beberapa kesulitan pengelolaan kelas yaitu menumbuhkan minat baca dan tulis Al Qur’an dan Hadits bagi siswa, variasi metode dan pengaturan tempat duduk. Solusi pengelolaan kelas dalm pembelajaran Qur’an dan Hadits yaitu melakukan les iqro’ diluar kelas setiap Senin dan Selasa, memberikan point- point ayat agar mudah di mengerti dan memberikan keringanan dengan cara menulis latin dan untuk dihafalkan date: 2012-08-03 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-06-03 14:36:30 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--sriutamiha-2149-1-sriutam-s.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/43/digilib-uinsuka--sriutamiha-2149-1-sriutam-s.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2522 ; nama file lama : SRI UTAMI HADININGSIH 04471206 PENGELOLAAN KELAS YANG EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN QURAN DAN HADITS.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1032282 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: Sri Utami Hadiningsih NIM. 04471206, pth (2012) PENGELOLAAN KELAS YANG EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN QUR'AN DAN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) PRAMBANAN SLEMAN (STUDI KASUS KELAS VIII SEMESTER GENAP 2007/ 2008). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2447/1/BAB%20I%2C%20IV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2447/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2447/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2447/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2447/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2447/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2447/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2447/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2447/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2447/10/small.jpg