eprintid: 24472 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/44/72 datestamp: 2017-03-17 02:58:32 lastmod: 2017-03-17 02:58:32 status_changed: 2017-03-17 02:58:32 type: article metadata_visibility: show creators_name: Wijayaptri, Ni Wayan Primanovenda title: HAMBATAN KOMUNIKASI PADA PENYANDANG AUTISME REMAJA: SEBUAH STUDI KASUS ispublished: pub subjects: I divisions: jurn_inklusi full_text_status: public keywords: komunikasi, autisme, remaja, studi kasus abstract: Kemampuan berkomunikasi merupakan salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam perkembangan penyandang autisme remaja. Informasi mengenai perkembangan kemampuan bahasa dan komunikasi pada penyandang autisme, serta riwayat intervensi komunikasi yang pernah diterima merupakan informasi yang penting sebelum menentukan dan melaksanakan intervensi lanjutan bagi para remaja autis. Penelitian mengenai hambatan komunikasi dan metode pembelajaran komunikasi pada penyandang autisme remaja belum banyak dilakukan. Studi ini bertujuan untuk memberikan gambaran kasus hambatan komunikasi pada penyandang autisme remaja. Selain itu, penelitian ini juga akan melihat usaha-usaha yang telah dilakukan oleh orangtua maupun sekolah dalam meningkatkan kemampuan komunikasi pada remaja autis. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan analisa dokumen. Proses pengambilan data dilakukan pada bulan September-Desember 2014. Subjek penelitian terdiri dari dua orang penyandang autisme remaja. Subjek pertama berusia 19 tahun dan berjenis kelamin perempuan. Subjek kedua berusia 16 tahun dan berjenis kelamin laki-laki. Keduanya merupakan siswa dari sebuah sekolah lanjutan autis di Yogyakarta. Selain kedua orang subjek, peneliti juga melibatkan significant others, yaitu orang tua dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan komunikasi penyandang autisme remaja yang menjadi subjek penelitian berada jauh di bawah usia kronologisnya, dan (2) Intervensi yang diberikan kepada subjek sejak masa kanak-kanak hingga remaja berperan dalam mengembangkan kemampuan komunikasi subjek, namun belum dapat menuntaskan hambatan komunikasi yang dialami subjek.Hasil penelitian didiskusikan lebih lanjut. date: 2015-01-02 date_type: published publication: INKLUSI Journal of Disability Studies volume: Vol.2 number: No.1 publisher: Pusat Layanan Difabel UIN Sunan Kalijaga pagerange: 1-22 refereed: TRUE issn: 2355-8954 citation: Wijayaptri, Ni Wayan Primanovenda (2015) HAMBATAN KOMUNIKASI PADA PENYANDANG AUTISME REMAJA: SEBUAH STUDI KASUS. INKLUSI Journal of Disability Studies, Vol.2 (No.1). pp. 1-22. ISSN 2355-8954 document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24472/1/Ni%20Wayan%20Primanovenda%20Wijayaptri%20-%20HAMBATAN%20KOMUNIKASI%20PADA%20PENYANDANG%20AUTISME%20REMAJA%20SEBUAH%20STUDI%20KASUS.pdf