TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. Sarjono M.Si. ID - digilib2449 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2449/ A1 - SULASTRI NIM. 04410796, Y1 - 2009/06/03/ N2 - ABSTRAK Madrasah Aliyah Ibnul Qoyyim merupakan lembaga pendidikan Islam, yang bertanggung jawab untuk menjadikan anak didiknya menjadi generasi penerus bangsa yang mempunyai kepribadian muslim, sebagaimana dalam tujuan pendidikan Islam. Kompetensi guru PAI dalam hal ini sangat berperan penting, sehingga nilai-nilai luhur agama Islam yang diajarkan bukan hanya menjadi ilmu pengetahuan saja, tetapi dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga nantinya para siswa di samping mempunyai kecerdasan intelektual dan pemahaman agama yang baik, juga mempunyai akhlak yang terpuji. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial guru serta upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru PAI. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan oleh pihak madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru demi terlaksananya proses pembelajaran PAI yang lebih baik serta dapat menambah wawasan bagi penulis tentang kompetensi guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di Madrasah Aliyah Ibnul Qoyyim. Subyek data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru PAI, staf madrasah dan siswa Madrasah Aliyah Ibnul Qoyyim. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Pemerikasaan keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi data yaitu membandingkan data hasil pengamatan dan hasil wawancara, serta membandingkan hasil wawancara dengan isi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru PAI di Madrasah Aliyah Ibnul sudah memiliki kompetensi yang cukup baik. Namun ada beberapa aspek kompetensi yang belum dipenuhi dan dikuasai oleh guru PAI diantaranya ialah: Pertama, guru PAI di Madrasah Aliyah Ibnul Qoyyim belum berijazahkan sarjana. Kedua, dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas guru tidak membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Ketiga, dalam menyampaikan materi guru tidak terbiasa menggunakan media dan metode pembelajaran secara variatif. (2) Usaha yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru PAI meliputi: Pertama, mengikut sertakan guru PAI dalam kegiatan organisasi profesi guru, seperti Kelompok Kerja Guru (KKG). Kedua, mengadakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Ketiga, mengadakan supervisi kelas. Keempat, mengikut sertakan guru dalam seminar-seminar pendidikan. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Kompetensi KW - Guru KW - Pendidikan Agama Islam M1 - skripsi TI - KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MADRASAH ALIYAH IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA AV - restricted ER -