eprintid: 24493 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/02/44/93 datestamp: 2017-03-13 07:14:23 lastmod: 2017-03-13 07:14:23 status_changed: 2017-03-13 07:14:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ARI SAPUTRA, NIM. 13240022 title: MANAJEMEN PELAYANAN BIMBINGAN MANASIK HAJI OLEH KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN PAKEM KABUPATEN SLEMAN ispublished: pub subjects: M divisions: jur_md full_text_status: restricted keywords: Manajemen Pelayanan Haji note: H. Andy Dermawan,.M.Ag abstract: Ari Saputra (13240022), Manajemen Pelayanan Bimbingan Manasik Haji Oleh Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman, skripsi Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Dewasa ini manajemen pelayanan merupakan hal yang paling mendasar untuk dilakukan, karena dengan pelayanan yang baik akan memberikan kepuasan dan kemudahan bagi calon jamaah haji untuk melaksanakan manasik haji. Namun dalam pelaksanaannya, masih banyak didapati pelayanan bimbingan manasik haji yang terkadang kurang direalisasikan secara maksimal baik dari segi pembimbing, sarana dan prasarana, metode bimbingan, serta pengawasan dan monitoring. Pelaksanaan bimbingan manasik haji yang belum dilakukan secara baik dan optimal akan berdampak pada calon jamaah haji yang semestinya mendapatkan bimbingan manasik haji yang baik dan berkualitas baik dari segi materi maupun nonmateri. KUA Kecamatan Pakem sebagai unit kerja terdepan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman, yang berhadapan langsung dengan peserta bimbingan manasik haji. Pelaksanaan bimbingan manasik haji dilaksanakan atas dasar moral pelayanan yang tercermin dalam motto pelayanannya yakni integritas sesuai aturan, tertib administrasi, inovatif dan kreatif, kualitas pelayanan, amanah dan tanggungjawab, serta ramah dalam bersikap. Penelitian yang dilakukan peneliti, bertujuan untuk mengetahui aktivitas manajemen pelayanan dan implementasi pelaksanaan bimbingan manasik haji oleh KUA Kecamatan Pakem. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptifkualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah dengan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa perencanaan dilakukan dengan penyusunan penyusunan kinerja sesuai SOP, kerjasama yang sinergi dengan instansi dan lembaga terkait di Kecamatan Pakem. Pengorganisasian dilakukan dengan mengeluarkan syrat keputusan struktur kepanitiaan manasik haji, peserta, materi, dan pembimbing manasik haji KUA Kecamatan Pakem. Penggerakan dilakukan melalui komando dari atas kebawah yakni melalui kurikulum dan silabus manasik haji yang telah ditetapkan. Bentuk pelayanan dilakukan secara secara lisan, tulisan serta perbuatan. Akan tetapi dalam pelaksanaan pelayanan bimbingan manasik haji masih didapati belum adanya sertifikasi pembimbing oleh Kementerian Agama setempat, masih minimnya sosialisasi permasalahan haji pada calon jamaah haji terkait informasi-informasi terkini yang selalu mengalami perubahan dan perkembangan setiap tahunnya. Pengawasan dilakukan secara internal dan didapati bahwa penyampaian materi manasik haji yang terlalu monolog, serta keterbatasan sarana dan prasarana peragaan bimbingan manasik haji. date: 2017-01-31 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ARI SAPUTRA, NIM. 13240022 (2017) MANAJEMEN PELAYANAN BIMBINGAN MANASIK HAJI OLEH KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN PAKEM KABUPATEN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24493/2/13240022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24493/1/13240022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf