%A NIM. 1220411154 MUHAMMAD SALIM, SPDI %O Prof. Dr. Hamruni, M.Si. %T IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SD NEGERI BARAN, PATUK, GUNUNGKIDUL %X Muhammad Salim, S.Pd.I, 12220411154, Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri Baran, Patuk, Gunungkidul, Tesis Magister, Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Pendekatan saintifik merupakan pendekatan yang digunakan di dalam Kurikulum 2013 dengan langkah-langkah pembelajaran mengamati (observing), menanya (questioning), mengumpulkan informasi/mencoba (experimenting), menalar/mengasosiasi (associating), mengomunikasikan (communicating). Pendekatan saintifik dipandang sesuai dengan teori-teori belajar modern yang berkembang saat ini, yaitu Behaviorisme, Kognitivisme, Konstruktivisme, dan Humanisme. Peneletian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana perencanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar Negeri Baran, Patuk, Gunungkidul, 2) mengetahui bagaimana pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajarn Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti , dan 3) mengetahui bagaimana daya dukung sekolah dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif –deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah Guru PAI sebagai implementator, Kepala Sekolah, dan Pustakawan sebagai pihak-pihak yang terkait dalam implementasi pendekatan saintifik. Metode penelitian ini menggunakan observasi langsung, wawancara, dan telaah dokumen. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman dengan tahapan Data Reduction (Reduksi data), Data Display (Penyajian data), dan Conclusion Drawing/verification (Penarikan kesimpulan dan verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek perencanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang diwujudkan dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam kategori baik sesuai dengan prinsip-prinsip dan langkahlangkah pembuatan RPP. Pada aspek pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dalam kategori cukup, perlu peningkatan pemahaman pada kegiatan inti pembelajaran dengan pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, menalar/mengasosiasi, mengomunikasikan. Pada aspek daya dukung berupa sarana prasarana secara umum telah baik, namun buku penunjang perpustakaan perlu diperbanyak, sedangkan peralatan yang berhubungan dengan teknologi informasi perlu dilengkapi. Pihak terkait dalam hal ini guru PAI, kepala sekolah, maupun pustakawan sudah berkontribusi dengan baik, namun bisa ditingkatkan. %K Implementasi, Pendekatan saintifik, Pembelajaran PAI, Perencanaan pembelajaran, Pelaksanaan pembelajaran, Daya dukung pembelajaran %D 2017 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib24524