@phdthesis{digilib2453, month = {June}, title = {UPAYA GURU ISMUBA TERHADAP KEAKTIFAN SHALAT SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 10 YOGYAKARTA}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { Suwandi Saputra NIM. 03410131}, year = {2009}, note = {Pembimbing : Drs. Ichsan, M.Pd.}, keywords = {Guru, Ismuba, Keaktifan, Shalat, Siswa}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2453/}, abstract = { ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang peran guru Ismuba terhadap keaktifan shalat siswa, kendala dan hambatan yang dihadapi serta cara mengatasinya. Hasil penelitian diharapkan akan dapat dipergunakan untuk memberi pertimbangan dan masukan pada pembelajaran al-Qur'an di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan : (1). Kondisi keaktifan shalat di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta, sebagian besar belum bisa aktif dalam menjalankan shalat, baik di sekolah maupun di rumah. (2). Upaya yang dilakukan guru Ismuba terhadap keaktifan shalat siswa, meliputi; Pembinaan Shalat di dalam setiap pembelajaran, guru mengadakan checking pelaksanaan shalat siswa di rumah, guru memasukkan nilai shalat dalam unsur penilaian rapor, mengawasi dan mengontrol jama'ah shalat dhuha dan dhuhur. (3). Hasil yang dicapai dari upaya guru yang berkaitan dengan keaktifan shalat siswa menunjukkan hasil yang cukup baik. Hal ini dilihat dari : tingkat keikut sertaan siswa terhadap kegiatan atau program yang berkaitan dengan keaktifan shalat sekitar 95\%, sebagian besar siswa sudah bisa mengikuti seluruh kegiatan dengan tertib (terutama kegiatan rutin jama'ah shalat dhuha dan dhuhur), terdapat kemajuan yang cukup baik pada sebagian sebagian besar siswa dalam menjalankan shalat wajib dan sunnah, baik di rumah maupun di sekolah, serta sebagian besar siswa sudah mengetahui pengetahuan tentang shalat. } }