@phdthesis{digilib2454, month = {June}, title = {IMPLEMENTASI PEMIKIRAN VIKTOR E. FRANKL DALAM KONSEP PENDIDIKAN ISLAM}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { Tasnim Sofya Dewi AS NIM. 02411111}, year = {2009}, note = {Pembimbing : Dra. Hj. Susilaningsih, MA}, keywords = {Implementasi, Pemikiran, Viktor E. Franki, Pendidikan Islam}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2454/}, abstract = { ABSTRAK Penelitian ini bertujuan menelusuri pemikiran Viktor Emile Frankl untuk mencari bentuk penerapan dari pemikiran Frankl guna mencari jalan keluar dari permasalahan pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kajian kepustakaan (library reaseach). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologis. Penelitian ini termasuk penelitian ekploratif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk menemukan masalah-masalah baru. Penelitian ini merupakan kajian kepustakaan (library research) artinya data penelitian berasal dari sumber-sumber kepustakaan berupa buku-buku, makalah, jurnal, majalah, dan sumber lain yang koheren dengan obyek bahasan. Metode Pengumpulan Data menggunakan data literer (studi kepustakaan), dan analisis datanya menggunakan model content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1). Dalam logoterapi, manusia adalah sebuah entitas (sesuatu yang berwujud) yang terdiri dari somatic (jasad), psychic (mental), noetic (spirit). Spiritualitas adalah dimensi manusia yang unik. Bagaimanapun dimensi-dimensi yang berbeda ini harus dipahami dalam totalitas ketiganya, karena manusia adalah kesatuan dalam kompleksitas. Spirit manusia adalah inti kesehatan yang mungkin akan terhalang oleh sakit biologis maupun psikologis, tetapi akan tetap utuh. Logoterapi juga percaya bahwa hakikat dari eksistensi manusia terdiri dari tiga faktor: spiritualitas, kebebasan, dan tanggung jawab. (2). Implementasi pemikiran Viktor E. Frankl dalam konsep Pendidikan Islam adalah bahwa dalam pencapaian tujuan pendidikan Islam faktor peserta didik merupakan hal yang mutlak perlu diperhatikan. Supaya seorang pendidik berhasil dalam pendidikan maka konsep yang jelas tentang karakteristik manusia yang itu bisa digali dari keilmuan yang empirik, atau melalui pendekatan rasional falsafi, bisa juga dengan menggunakan pendekatan eksistensialisme. } }