TY - THES N1 - Dr. Irsyadunnas, M.Ag ID - digilib24549 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24549/ A1 - ZAENAL ARIFIN, NIM. 13220042 Y1 - 2017/01/18/ N2 - Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subyek penelitian adalah guru bimbingan dan konseling, pembina asrama dan siswa yang mengikuti program boarding school. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah bentuk kerja sama yang dilakukan guru bimbingan konseling dan pembina asrama dalam mengatasi kecemasan siswa menghadapi ujian nasional bagi siswa boarding school di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang bentuk kerja sama yang dilakukan guru bimbingan konseling dan pembina asrama dalam mengatasi kecemasan menghadapi ujian nasional bagi siswa boarding school di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi serta dokumentasi. Adapun analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif, dimana data yang telah terkumpul disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk-bentuk kerjasama yang dilakukan guru bimbingan konseling dan pembina asrama dalam mengatasi kecemasan menghadapi ujian nasional bagi siswa boarding school kelas IX tahun ajaran 2016/2017 di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta yaitu meliputi: layanan informasi, layanan bimbingan kelompok, layanan konseling individu, pemberian motivasi, oase, MABIT (Malam Bina Iman dan Takwa), Renang Bersama, pembiasaan, pemberian nasihat, dan pemberian teladan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Guru Bimbingan Konseling KW - Pembina Asrama KW - dan Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional M1 - skripsi TI - KOLABORASI ANTARA GURU BIMBINGAN KONSELING DAN PEMBINA ASRAMA DALAM MENGATASI KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN NASIONAL BAGI SISWA BOARDING SCHOOL DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA AV - restricted EP - 127 ER -