%0 Thesis %9 Masters %A SABARI, SPDI, NIM. 1320411264 %B PROGRAM PASCASARJANA %D 2017 %F digilib:24571 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Manajemen Kurikulum, Pengembangan, POAC, Metode dan Integrasi %T MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM INTEGRASI DI SMP MUHAMMADIYAH DARUL ARQOM KARANGANYAR %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24571/ %X Sabari, S.Pd.I., 2016. Manajemen Pengembangan Kurikulum Integrasi di SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Konsentarsi Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam Program Pascarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Manajemen kurikulum adalah pengelolaan perangkat mata pelajaran dan program pendidikan dalam upaya mencapai tujuan pendidikan serta dilaksanakan oleh pengelola pendidikan atau yang bersangkutan. Pengelolaan kurikulum tersebut dilaksanakan mengacu pada pencapaian kompetensi peserta didik yang telah ditentukan dalam perencanaan kurikulum. Pada hal ini yang menjadi acuan adalah pengembangan kurikulum integrasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui bagaimana bentuk manajemen kurikulum integrasi di SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar Jawa Tengah ; (2) Untuk mengetahui bagaimana bentuk manajemen pengembangan kurikulum integrasi di SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar Jawa Tengah; (3) Untuk mengetahui tingkat keberhasilan, faktor penghambat dan pendukung serta analisis SWOT di SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar Jawa Tengah. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analitik yaitu menggambarkan sumber data yang diperoleh melalui analisis data. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pada proses analisis data, data yang dikumpulkan terlebih dahulu adalah data observasi, data wawancara, dan data dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dirangkum dan disusun sehingga dapat lebih mudah dipahami serta dapat ditarik kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah teknik trianggulasi yaitu menguji valid tidaknya data melalui pengecekan data, baik satu jenis data atau berbeda jenis data. Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa : (1) Kepala sekolah menghadirkan tim kurikulum, dan komite sekolah dalam perumusan kurikulum integrasi yang meliputi kurikulum nasional, kurikulum pondok pesantren dan kurikulum kemuhammadiyahan.. (2) Bentuk pengembangan kurikulum yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan serta evaluasi dan metodologi pembelajaran. Adapun hasil dari proses pengembangan kurikulum integrasi di SMP Muhammadiyah Darul Arqom yang meliputi empat aspek; yang pertama adalah perumusan tujuan kurikulum, yang kedua materi pembelajaran dan yang ketiga adalah sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran, dan yang keempat adalah metodologi pembelajaran yang meliputi taklim, inkuiri, connected, tahfidz, dan takdib. (3) Faktor penghambat dan faktor pendukung proses pengembangan kurikulum integrasi yang meliputi sarana prasarana kurang memadai serta sistem sekolah yang sebagian siswa full day school dan boarding school. Adapun faktor pendukungnya adalah sumber daya manusia yang relatif muda dan alumni perguruan tinggi ternama dan ponpes modern yang terkenal. %Z Dr. Sangkot Sirait, M.Ag